9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pjs Bupati Agam Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

LUBUKBASUNG, KP – Pjs Bupati Agam, Benni Warlis didampingi Kepala Kesbang Pol Yunilson, ikut menyaksikan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di ruang rapat Bupati Agam, Kamis (1/10). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini dilaksanakan berbeda dibanding tahun sebelumnya, mengingat kondisi masih pandemi Covid-19. Setiap tahunnya mulai dari pusat hingga daerah menggelar upacara di lapangan, namun tahun ini dilaksanakan terpusat di satu tempat Monumen Pancasila Sakti yang diikuti seluruh daerah secara virtual.

Benni Warlis menyebutkan, di tengah pandemi Covid-19, sesuai surat edaran pemerintah pusat menyatakan, bagi daerah yang statusnya zona orange dan merah melaksanakan upacara secara virtual. Sedangkan Kabupaten Agam yang merupakan salah satu daerah di Sumbar berstatus zona orange, pelaksanaan upacaranya hanya dapat diikuti secara virtual. “Dengan adanya perbedaan dari tahun sebelumnya, maka kita berharap tidak mengurangi makna dari Hari Kesaktian Pancasila ini,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai rangkaian memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Agam sejak kemarin (Rabu-red) telah mengibarkan bendera merah putih setengah tiang dan hari ini (Kamis-red) satu tiang penuh. “Ini dilakukan untuk menghargai pengorbanan para pahlawan, karena begitu besar pengorbanannya yang dapat menjadi contoh bagi generasi muda dalam mempertahankan nilai Pancasila yang menjadi dasar negara,” sebutnya.

Menurutnya, momentum tersebut sangat bagus karena bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada 2020. Di mana berbagai daerah di Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi itu, salah satunya di Kabupaten Agam. Hal itu tentu membuat partisipasi masyarakat untuk membangun daerah akan tumbuh dengan kecintaannya terhadap bangsa. “Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila kita semua akan tergugah mengingat besarnya pengorbanan pahlawan, maka dengan kita berpartisipasi dalam Pilkada 2020, tentu kita telah mengambil bagian untuk membangun bangsa ini,” pungkasnya. (rzk)