18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

RAPAT PARIPURNA PERINGATAN HUT SUMBAR KE-75, Sumatra Barat Diharapkan Menjadi Provinsi yang Lebih Baik

SOLOK, KP – Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Sumatra Barat ke-75 dilakukan secara virtual, Kamis (1/10). Pjs Wali Kota Solok Absen Hendri didampingi Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful, serta Kabag Prokomp Kota Solok Nurzal Gustim turut mengikuti rapat paripurna tersebut.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat Supardi itu, diikuti Gubernur Sumatra Barat, Wakil Gubernur, Forkopimda Sumatra Barat, Bupati, Walikota se-Sumatra Barat, Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatra Barat. Serta menghadirkan dua tokoh Sumatra Barat sebagai pembicara, yakni Gamawan Fauzi sebagai tokoh Sumbar dan Yulizar Yunus sebagai sejarahwan.

Di samping itu, Peringatan HUT Sumbar sendiri pada tahun ini merupakan yang kedua setelah dilakukan pada 2019. Penetapan HUT Sumatera Barat itu dilakukan setelah ditetapkan Perda Penetapan Hari Jadi Sumbar yang ditetapkan 1 Oktober 1945. Hal itu disepakati setelah melalui tahapan pembahasan yang panjang dan disahkan pada 25 November 2018.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, Sumatra Barat adalah Provinsi terakhir yang menetapkan hari jadi, yaitu ditetapkan pada 1 Oktober.

Sementara Gamawan Fauzi selaku mantan Gubernur Sumatra Barat mengatakan, daerah ini diberi anugerah berupa alam yang indah dan ragam adat yang unik.

Sedangkan Yulizar Yunus, seorang sejarawan mengatakan, hal pertama yang harus diperkuat dalam tatanan kehidupan masyarakat Sumatera Barat yakni memperkuat ketahanan.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan selamat atas terwujudnya Sumatra Barat sebagai suatu Provinsi yang diperingati hari ini (kemarin-red). Irwan juga menyampaikan harapan semoga peringatan HUT Sumbar tersebut memberi motivasi untuk menjadikan Sumbar lebih baik.

Senada, usai paripurna virtual Pjs Wako Asben Hendri mengucapkan selamat HUT Sumatra Barat, semoga tetap lestari, serta masyarakat dan generasi muda semakin bersemangat mempertahankan dan membangun Sumbar. “Selamat ulang tahun, semoga Sumbar terus lestari daerahnya, bermanfaat, generasi mudanya kuat, dan menjadi daerah provinsi yang tentram, berdaya saing, sehat ekonominya, sehat manusianya, terjaga keindahan alamnya,” harapnya. (van)