18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tim Penilai Visitasi dan Verifikasi Peduli Wisata Awards 2020 Kunjungi Kabupaten Solok

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menerima kunjungan Tim Penilai Visitasi dan Verifikasi Peduli Wisata Awards 2020 di Guest House Arosuka, Kamis (1/10).Tampak hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrizal, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika, Ketua tim verifikasi Syamsurizal dari UNAND, Anggota tim verifikasi Ansofino dari STKIP PGRI Sumbar, Ernawati dari UNP, Indang dewata dari UNP, Ian Hanafiah dari ASITA dan Anggri Yulio dari STKIP PGRI, para Kepala SKPD Lingkup Pemda Kabupaten Solok dan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Solok H. Gusmal, mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi di Kabupaten Solok. “Dapat kami sampaikan, di Kabupaten solok ini ada sekitar 172 kawasan wisata, termasuk di dalamnya wisata alam sejarah budaya dan lain sebagainya. Namun sayangnya belum bisa dikelola secara profesional,” terangnya.

Menurut Bupati, pihaknya ingin menjadikan wisata sebagai salah satu pilar pembangunan, di mana hal itu merupakan bentuk keseriusan di bidang pariwisata. “Saya berharap kepada tim penilai agar Solok dapat menjadi yang terbaik hendaknya,” tambahnya.

Sementara ketua rombongan Syamsurizal, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah menyambut kunjungannya beserta rombongan di Kabupaten Solok dengan baik. “Peduli Wisata Awards 2020 merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata Sumbar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota, di mana untuk menunjukan hasil yang signifikan dalam pembangunan pariwisata,” tuturnya.

Disebutkannya, Kabupaten Solok adalah salah satu yang lengkap dokumennya, sehingga dilakukan verifikasi pada hari ini (kemarin-red). Adapun aspek yang dinilai nantinya, yakni aspek tata pamong, aspek tentang lingkungan kepariwisataan, aspek ekonomi kepariwisataan, aspek ekonomi kreatif, aspek pemasaran pariwisata, aspek pemberdayaan masyarakat dan aspek protokol kesehatan new normal. “Terakhir nantinya kita juga akan melakukan review bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok,” ungkapnya. (wan)