18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

43 Tersangka Narkoba Ditangkap

PADANG, KP – Dalam waktu hanya satu bulan, pihak kepolisian di wilayah hukum Polda Sumbar meringkus 43 orang tersangka pemakai hingga pengedar narkoba. Ini artinya peredaran narkoba si Sumbar benar-benar sudah gawat-darurat.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto dalam pers rilis di Mapolda Sumbar, Jumat (2/10) menyebut 43 tersangka itu terlibat dalam 30 kasus yang berhasil diungkap selama Bulan September 2020oleh Direktorat Narkoba bersama polres sejajaran.

“Ini bentuk komitmen Polda Sumbar dalam pemberantasan narkoba,” kata Satake didampingi Dirnarkoba Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, Wadirnarkoba AKBP Fery Herlambang, Kasubbid Penmas AKBP Arlenawati, dan Kompol Budi.

Adapun barang bukti yang diamankan sebanyak 91,2 gram sabu ditambah 2,1 kg gram sabu hasil pengembangan, 110 kg ganja, 12 butir ekstasi dan 5.708 butir ekstasi hasil pengembangan.

Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menambahkan dalam pengungkapan puluhan kasus itu pihaknya juga mengamankan barang bukti dua unit kendaraan roda empat, satu unit rumah dan tanah, dan uang tunai Rp591 juta.

“Bapak Kapolri memerintahkan agar seluruh Direktur Narkoba tidak henti-hentinya dalam pemberantasan narkoba,” katanya.

Dari 43 orang tersangka tersebut, 8 orang bandar adalah bandar, 12 orang kurir, dan 23 orang pemakai. Menurutnya, bandar akan dijerat pasal 114 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman 5-20 tahun atau seumur hidup kurungan penjara dan denda Rp1 miliar hingga Rp10 miliar.

Kombes Wahyu berharap kepada semua pihakuntuk bersama-sama membasmi narkoba. “Kami mohon dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama berperang melawan narkoba,” pungkasnya.(tns)