9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Masyarakat Belum Disiplin Jalankan Prokes, Pembukaan Sekolah Sulit Dilakukan

PADANG, KP – Ketua Komisi IV DPRD Padang Azwar Siry menilaipembukaan sekolah belum tepat dilakukan saat ini. Sebab, pihak sekolah akan kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan sekolah.

Hal itu dikarenakan jumlah guru di sekolah tidak sebanding dengan jumlah anak didik. Karena itu, ia menilai sekolah tidak bisa menjamin sekolah bisa menerapkan penerapan protokol kesehatan dengan baik.

“Siapa yang bisa menjamin penerapan protokol kesehatan berjalan baik di sekolah? Guru saja terbatas, orangtua murid tentu tidak mungkin,” ucap Azwar Siry, kemarin.

Dia menambahkan, lingkungan sekolah dapat berpotensi menularkan covid-19karena kebiasaan menjalankan protokol kesehatan masih belum menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dicontohkannya, kedisiplinan masyarakat dalam memakai masker saja belum sepenuhnya dijalankan. Buktinya, masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker saat keluar rumah.

“Kita banyak melihat, mereka membawa masker, namun tidak dipakai dan disimpan saja di dalam saku atau di dalam tas,” ujarnya.

Melihat kenyataan itu, Azwar Siry mengimbau kepada masyarakat agar menjadikan masker sebagai bagian dari kehidupan mereka. Apalagi virus corona menular lewat droplet. Oleh karena itu penting melindungi diri dengan memakai masker.

“Hal ini harus betul-betul dipahami oleh masyarakat, sehingga menjadikan memakai masker sebagai kebutuhan,” ulasnya.

Ia berharapsosialisasi terhadap protokol kesehatan harus terus dilakukan sehingga memakai masker bisa membudaya di tengah-tengah masyarakat.“Semoga dengan sosialisasi yang masif bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya memakai masker,” tuturnya. (ip)