19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Polisi Kembali Tembak Spesialis Copet dalam Angkot

PADANG, KP – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang kembali menangkap seorang pelaku kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat. Pelaku berinisial Al (46 tahun) disebut-sebut merupakan raja copet dan jambret di Kota Padang.

Khusus copet, pelaku kerap beraksi di dalam angkutan kota (angkot). Terakhir, aksinya dilakukan 28 September 2020 lalu di dalam angkot jurusan Pasar Raya-Pasar Baru. Saat itu pelaku berhasil menggarap uang sebesar Rp2 juta dalam dompet korban yang merupakan seorang perempuan.

Kasat Reskrim Polresta PadangKompol Rico Fernanda, Jumat (2/10), mengatakan setelah kejadian korban membuat laporan ke pihak kepolisian. Dair hasil penyelidikandidapat ciri-ciri identitas pelaku sesuai keterangan korban.

Penangkapan pelaku pun dilakukan Kamis (1/10) di Jalan Tepi Sei Jirak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Namun karena mencoba melawan dan melarikan diri, polisi terpaksa mengambil tindakan tegas.

“Kami telah memberikan tembakan peringatan ke udara, namun tidak diindahkan. Akhirnyakami ambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki pelaku,” kata Kompol Rico seperti dilansir langgam.id.

Dia mengungkapkan, pelaku telah sering beraksi melakukan aksi copet dan jambret di Kota Padang. Dari pengakuan pelaku, tercatat ia telah bersaksi sebanyak 10 kali.

“Pelaku ini juga merupakan residivis dalam kasus serupa pada tahun 2013 dan 2016 silam. Pelaku memang spesial copet dan jambret dengan sasaran korban merupakan perempuan,” jelasnya.

Menurutnya pelaku selalu beraksi sendirian. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun penjara. (lgm)