18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pria Gaek Cabuli Wanita Disabilitas

PAYAKUMBUH, KP – Sedang asyik mengendarai sepeda motor di kawasan Simpang Tiga Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, seorang pria gaek berinisial AD panggilan Buyuang (57 tahun) warga Kecamatan Payakumbuh Timur, ditangkap Tim Cheetah Satreskrim Polres Payakumbuh.

Buyung ditangkap bukan karena tidak memakai masker pada masa adaptasi kebiasaan baruataubukan pula karena tidak memakai helm. Namun, ia ditangkap akibat ulahnya mencabuli seorang wanita penyandang disabilitas pada pertengahan Bulan September lalu.

Kapolres PayakumbuhAKBPAlex Prawira melalui Kasat ReskrimAKPM. Rosidi, Jumat (2/10), menuturkan kasus pencabulan terhadap korban sebut saja namnya Mawar (34 tahun) itu terjadi di dalam WC sebuah musala di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.Kejadian berawal saat tersangka Buyuang tiba di rumah adiknya di Kecamatan Situjuah. Kedatangannya itu tujuan awalnya sangat mulia yakni untuk melayat ke rumah keluarga saudaranya yang meninggal dunia. Namun tak lama berselang, perut tersangka melintir dan ia langsung menuju WC musala untuk buang hajat.

Namun saat berada di luar WC tersebut, tersangka melihat korban sedang buang air kecil di dalam WC itu. Alhasil, nafsu setan Buyuang langsung memuncak ke ubun-ubun. Tanpa pikir panjang ia melakukan serangkaian aksi keji terhadap korban. Perbuatan biadab itu baru berhenti ketika diketahui salah seorang warga dan tersangka langsung ngacir dengan berpura-pura mencuci kakinya lalu meninggalkan korban. Pasca kejadian, keluarga korban melapor ke polisi. Menindaklanjuti laporan korban, pihak kepolisian melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil mengamankan tersangka pada Kamis (1/10). Kepada penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Payakumbuh, tersangka Buyuang mengakui perbuatannya telah melakukan pencabulan terhadap perempuan penyandang disabilitas itu.

Dalam kejadian itu petugas kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa sehelai kain sarung bermotif kotak-kotak dan bergaris, baju kaos warna biru, celana jeans panjang warna biru, dan baju kaos berkerah warna hijau. (dst)