18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Program ‘Dukcapil Menyapa’ Permudah Masyarakat Agam Urus Adminduk

LUBUKBASUNG, KP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, membuka ruang bagi masyarakat daerah itu untuk berdialog mengenai seputaran layanan administrasi kependudukan, Jumat (2/10). Dialog secara virtual melalui program Dukcapil Menyapa Masyarakat itu dilaksanakan bersama Kepala Disdukcapil Agam, Misran mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. “Ini adalah program nasional yang dilaksanakan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, khusus Agam dijadwalkan hari ini,” ujar Misran.

Dalam forum itu, ia memberi ruang kepada masyarakat untuk bertanya mengenai pengurusan adminduk, sehingga berbagai pertanyaan, kritikan dan saran bermunculan dalam meeting zoom tersebut. “Forum ini memang dibentuk untuk memberikan informasi serta menerima keluhan dan masukan dari masyarakat tentang adminduk seperti KTP-el, kartu keluarga, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya,” kata Misran.

Di samping itu katanya, satu jam berdialog dengan masyarakat, banyak masukan dan kritikan diterimanya dari masyarakat yang akan menjadi motivasi baginya dalam meningkatkan pelayanan ke depan. Dijelaskannya, kegiatan itu tidak hanya diikuti kalangan masyarakat, tapi juga wali nagari dan perantau. Sehingga dengan informasi yang disampaikan dalam forum tersebut, akan mempermudah masyarakat dalam mengurus adminduk.

“Pengalaman masyarakat selama ini saat mengurus adminduk kebanyakan tidak membawa persyaratan lengkap, yang membuat mereka bolak balik bahkan membutuhkan biaya transportasi,” terangnya.

Melalui Dukcapil Menyapa Masyarakat itu katanya, masyarakat akan menjadi tahu apa saja yang harus dibawa ketika mengurus adminduk, sehingga akan mempermudah mereka dalam berurusan. “Kita berharap melalui kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk mengurus adminduk meningkat, karena pengurusan adminduk sangat dianjurkan pemerintah,” pungkasnya. (rzk)