29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

H. Yulfadri Nurdin : Jabatan Itu Amanah

SOLOK, KP – Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri menyebutkan, jabatan, pangkat, anak, harta adalah amanah Tuhan dan sifatnya sementara. “Dulu sebelum dipercaya menjadi Wakil Bupati Solok, Ketua Komisi IV DPRD Sumbar dan anggota dewan Kabupaten 2 kali serta pimpinan partai, saya tidak punya jabatan dan nanti bila jabatan saya habis,  tentu saya harus legowo melepasnya,” jelas Yulfadri Nurdin, Minggu (4/10) di kediamannya. 

Di samping itu, masa jabatan Wakil Bupati Solok periode 2015-2020 yang diembannya akan berakhir pertengahan Februari 2021 mendatang. Namun bila pihaknya juga maju sebagai Balon Wakil Bupati Solok 2021-2025, maka terhitung sejak akhir September 2020 ini, pihaknya cuti dari kedinasan. 


sebelumnya, Yulfadri Nurdin dilantik menjadi Wakil Bupati Solok mendampingi Gusmal sebagai Bupati terpilih pada 17 Februari 2016 silam. Usai mengemban tugas menjadi Wakil Bupati Solok, pihaknya akan fokus kepada usaha wiraswasta di kampung halamannya. “Sekali lagi saya berpesan, tidak ada yang abadi di dunia ini dan semua akan diambil sang pencipta,” sebutnya. 

Pihaknya mencontohkan, suatu waktu Abu Dzar al-Ghifari bertanya kepada Nabi. “Ya Rasulullah, mengapa kau tak memberi jabatan apa-apa kepadaku? Sambil menepuk bahu sahabatnya yang zuhud itu, Nabi menjawab, Hai Abu Dzar, kau seorang yang lemah, sedangkan jabatan itu adalah amanah. Sebagai amanah sabda Rasulullah, jabatan kelak pada hari kiamat yang akan menjadi penyesalan dan kehinaan, kecuali bagi orang yang dapat menunaikan kewajiban dan tanggung jawabnya alias amanah (HR Muslim),” tuturnya.

Menurut Yulfadri Nurdin, Sabda Nabi itu tidak hanya untuk Abu Dzar, tetapi untuk umatnya, termasuk kita. Nadanya seperti mengancam, tapi seorang Nabi peduli pada umatnya itu sedang mewanti-wanti. Sementara itu kepada masyarakat Kabupaten Solok yang mungkin belum semuanya terlayani dengan baik, Yulfadri Nurdin menyampaikan permohonan maafnya. “Nanti kalau kita memang diamanahkan lagi, tentu kita akan benahi kembali apa yang masih tertinggal,” tukasnya. (wan)