18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Terpasang tak Sesuai Aturan, APK Paslon Kepala Daerah Ditertibkan

LIMAPULUH KOTA, KP- Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar serta pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota yang tidak sesuai aturan, dibongkar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota bersama Tim Gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol-PP dan Dishub.

Pembongkaran paksa terhadap APK itu dilakukan setelah sebelumnya Bawaslu mengirimkan surat kepada pasangan calon dan tim kampanye, baik terhadap pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar serta pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota untuk menaati semua aturan dimasa kampanye, termasuk untuk membuka sendiri APK yang telah dipasang di berbagai titik di Kabupaten Limapuluh Kota.

Namun sayang, hal tersebut tidak digubris sehingga penertiban serentak dilakukan jajaran Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota di tiga belas kecamatan yang ada di daerah itu.

Hasilnya, ribuan APK berbagai ukuran berhasil dibongkar Tim Gabungan selama dua hari penertiban, Sabtu-Minggu (3-4/9/2020).

“Dari awal pihak Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota sudah menyurati masing-masing paslon, bahwa dimasa kampanye ada aturan dalam PKPU Nomor 11 yang harus diikuti paslon. Hari ini (kemarin-red) yang kita bongkar adalah APK yang tidak sesuai dengan aturan, baik dari segi ukuran maupun desain,” sebut Komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata didampingi AIPTU. Feristian, personil Polres Limapuluh Kota, Sabtu (3/10).

Ismet Aljannata menambahkan, dalam penertiban tersebut pihaknya membentuk 6 tim tingkat kabupaten dan tim tingkat kecamatan yang melakukan penertiban terhadap APK yang tidak sesuai aturan tersebut sampai ke tingkat nagari dan jorong.

“Selain tingkat kabupaten, kita juga bentuk Tim Penertiban hingga ke tingkat Kecamatan yang melibatkan Forkopincam,” ulas mantan Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Upaya penerbitan selain di sepanjang Jalan Raya Negara Sumbar-Riau, penertiban juga dilakukan Tim Gabungan di kedai dan warung termasuk APK yang dipasang di depan Posko Pemenangan Tim Kampanye masing-masing pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota termasuk baliho besar yang dipasang diseberang jalan didepan Kantor KPU Kabupaten Limapuluh Kota. (dst)