9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Jelang PON 2021 di Papua, Atlet Sumbar Terus Berbenah Tingkatkan Performa

PADANG, KP –Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, Atlet PON Sumbar terus berbenah dalam meningkatkan performa mereka. Namun, latihan yang sebelumnya melibatkan ratusan atlet itusekarang dikurangi kuantitasmya.

“Semua ini tidak terlepas mengingat dan menimbang bencana non alam Covid-19 ini mulai memperlihatkan dominasinya kembali,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, di Gedung Bela Diri di Komplek GOR H Agus Salim, Padang, kemarin.

Dikatakannya, latihan itu untuk kesinambungan kebugaran atlet TC PON XX Sumbar. Di mana mereka terus berlatih dengan memperhatikan protokol kesehatan antisipasi penularan Covid-19. Akan tetapi jumlah atlet yang berlatih dibatasi sebanyak 15-20 orang saja setiap latihan. Selain itu diwajibkan mematuhi semboyan protokol kesehatan 3 M, yakni memasang masker, menjaga jarak serta mencuci tangan. Tak hanya itu, secara berkala dilakukan penyemprotan peralatan latihan.

Sementara itu Konsultan TC PON Sumbar, DR Hj Rina Ambar Dewanti menyebutkan, pelaksanaan kegiatan latihan tersebut adalah upaya pemeliharaan kebugaran agar performa atlet tetap terjaga. Dikatakannya, atlet diberikan latihan TRX untuk meningkatkan core stability mereka, yakni daya tahan, kecepatan, kekuatan, kelincahan, reaksi dan keseimbangan para atlet.

Di samping itu pelaksanaan latihan terpantau berjalan dengan serius, penuh semangat, sungguh-sungguh dan dihadiri kurang lebih 7 cabor dan 15 orang atlet. “Dalam pelaksanaan latihan ini, kita selalu melakukan koordinasi dengan para pelatih cabor, kita saling mengisi dalam menangani upaya peningkatan kemampuan para atlet PON Sumbar menuju Papua,” sebut Ambar. (bsc)