18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MTQ Nasional XXVIII DI SUMBAR, Semua Kafilah Wajib Tes Swab

JAKARTA, KP – Pendaftaran peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke XXVIII yang ditutup pada 30 September akan berlangsung di Sumatra Barat pada 12-21 November 2020. Demikian dilansir dari kemenag.go.id. “Pendaftaran MTQ Nasional melalui aplikasi e-MTQ ditutup pada Rabu (30/9). Tercatat ada 1.969 peserta yang telah mendaftar, termasuk berstatus cadangan,” terang Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi di Jakarta, Minggu (4/10).

Menurut Juraidi yang juga Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional itu, peserta yang sudah mendaftar berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Hanya Provinsi DI Yogyakarta yang tidak mendaftarkan pesertanya sampai penutupan. “Selanjutnya kami akan melakukan verifikasi tahap I kurang lebih selama satu minggu. Peserta lolos verifikasi akan diumumkan dan ada masa sanggah selama satu minggu,” tuturnya.

“Habis masa sanggah, dilanjutkan verifikasi tahap II, kemudian dilakukan penetapan peserta MTQ Nasional. Penetapan peserta ini rencananya akan dilakukan secara virtual,” sambungnya.

Disebutkannya, gelaran nasional ke-28 itu mengangkat tema “MTQ Mewujudkan SDM yang Unggul, Profesional, dan Qur’ani menuju Indonesia Maju”. Karena diperkirakan masih dalam suasana pandemi, kata Juraidi, gelaran MTQ Nasional akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, bahkan sejak keberangkatan peserta dari daerahnya masing-masing. “Semua kafilah wajib melakukan tes swab. Setiap venue akan dijaga ketat oleh petugas untuk memastikan dipatuhinya protokol Covid-19,” tegas Juraidi.

“Kami akan mengantisipasi sejak awal agar tidak ada kerumunan selama penyelenggaraan MTQ Nasional,” tandasnya. (mas)