9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pegiat Seni Nasional Apresiasi ‘PKPEK 2020’

PADANG, KP – Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 yang diadakan Dinas Pariwisata Sumatra Barat bersama Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranjimendapat apresiasi dari penggerak seni dan budaya. Apreasisi itu tidak saja dari pegiat seni yang ada di Sumbar namunjuga dari nasional.

Salah seorang pegiat seni yang malang melintang di berbagai pentas nasional dan sering mengelar pentas seni di Taman Mini Indonesia Indah, Mirall (37 tahun), turut memberikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara kegiatan PKPEK 2020.

“Sebagai orang seni saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya bangga karena diundang oleh Dinas Pariwisata Sumbar menyaksikan pertunjukan ini,” ujar Mirall saat menyaksikan tim sanggar seni Anjuang Siriah tampil pada pelaksanaan hari ke-18 PKPEK di Medan Nan Bapaneh Kuranji, Sabtu malam lalu (3/10).

“Saya sangat salut dengan pihak penyelenggara yang bisa mengelar kegiatan dimasa pandemi covid-19 ini. Penonton memang tidak ramai, namun disisi lain ini bisa menghidupkan kembali seni dan budaya Minang ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Harian FKAN Pauh IX KuranjiErman Jamal mengatakankegiatan PKPEK 2020 dikemas dengan menjalankan protokol kesehatan covid-19sehingga penonton yang hadir dibatasi.”Kita sengaja membatasi penonton yang hadir agar protokol kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik,” ulasnya. (bsc)