24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Avanza Terobos Lampu Merah, Ternyata Bawa 100 Kg Ganja

PAYAKUMBUH,KP- Sebuah mobil Toyota Avana warna hitam BA 1329 RZ yang ditumpangi empat orang pria nekat menerobos lampu merah (traffic light) hingga menabrak antrean sepeda motor di simpang Ngalau Indah Payakumbuh. Akibatnya, seorang remaja pengendara motor terpental dan mengalami luka disejumlah bagian tubuh.

Peristiwa itu mengundang perhatian polisi yang kemudian mendekati mobil tersebut. Salah seorang penumpang Avanza berinisial PD (22 tahun) berhasil diamankan petugas. Namun, tiga pelaku lainnya yang masih berada di atas mobil berhasil kabur yaitu EP (25 tahun), DA (21 tahun), dan VR (24 tahun). Ketiganya merupakan warga Kota Padang.

Meski rentetan suara tembakan peringatan dikeluarkan petugas, namun mobil itu tetap tancap gas. Petugas kemudian melakukan pengejaran yang dipimpin langsung Kasat Narkoba Iptu Desneri didampingi KBO Ipda Duasa dan Kanit 1 Aipda Supriyadi Ed Dahlan.

Pelaku memacu kendaaran menuju arah Pasar Payakumbuh. Petugas yang tidak mau kehilangan targetsegera melakukan pengejaran hingga ke kawasan Ibuah. Hasilnya, mobil yang kena tembak dibagian depan dan mengalami kerusakan pada bemper itu ditemukan di halaman rumah warga di jalan setapak. Sementara ketiga pelaku kabur. Saat mobil digeledah, petugas menemukan narkoba jenis ganja kering siap edar seberat 100 kilogram (kg). 

Upaya pencarian ketiga pelaku dilakukan Tim Gagak Hitam dibantu warga dan bhabinkamtibmas Kelurahan Ibuah dan Tanjuang Pauah dialiran Batang Agam dan perumahan warga serta kawasan GOR yang baru dibangun di kawasan Tanjuang Pauah.Sekitar dua jam melakukan pencarian, dua orang pelaku ditemukan di sebuah rumah kosong. Keduanya bersembunyi di sebuah kamar yang ditutup kain.

Setelah dibekuk, keduanya dibawa menuju mobil yang mereka tinggalkan di halaman rumah warga. Tak berselang lama, seorang tersangka lainnya berhasil pula ditangkap.

Kapolres PayakumbuhAKBPAlex Prawira didampingi Wakapolres Kompol Jerry, Kasat Narkoba Iptu Desneri dan Paur Humas Ipda Satria Rudi, Selasa sore (6/10) saat pers rilis di mapolres setempat, menyebut para tersangka terbilang nekat. Sebab meski telah diberitembakan peringatan beberapa kali, mereka tetap kabur dengan kecepatan tinggi.Untuk pengusutan lebih lanjut keempat tersangka bersama barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Payakumbuh. (dst)