19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Gusmal Hadiri Pelaksanaan Upacara HUT TNI Ke-75 Di Kodim 0309/Solok

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menghadiri pelaksanaan Upacara HUT TNI Ke-75 secara virtual, di Kodim 0309/Solok, Senin (5/10). Tampak hadir pada kesempatan tersebut Dandim 0309/Solok Letkol Arm. Reno Tri Ambodo, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Bupati Solok H. Gusmal, Pjs Walikota Solok Asben Hendry, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota Solok serta para perwira jajaran Kodim 0309/Solok.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Presiden, serta diikuti Dandim 0309/Solok beserta jajaran dan unsur Forkopimda Kabupaten Solok dan Kota Solok. Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan perayaan/pemotongan tumpeng dan diskusi bersama. Kemudian acara ramah tamah serta pemberian nasi tumpeng dari keluarga besar Polres  Solok dan Polres Solok Kota, dilanjutkan pemotongan Tumpeng oleh Dandim 0309/Solok. Serta disaksikan seluruh Pejabat Forkopimda yang hadir dan juga seluruh personel Jajaran Kodim 0309/Solok.

Pada kesempatan itu, Bupati Solok H. Gusmal menyampaikan, Selamat HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75. Sebelum bernama TNI yang digunakan hingga saat ini, sejarah angkatan perang Republik Indonesia itu pernah memakai nama berganti-ganti, dari BKR dan sempat pula dilebur dengan kepolisian menjadi ABRI.

Disebutkannya, peringatan Dirgahayu HUT TNI ke-75 tahun itu dilakukan dengan cara tidak biasa. Lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, upacara peringatan hari jadi TNI digelar langsung secara terbatas di Istana Negara Jakarta, yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan disiarkan secara virtual.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-75. HUT TNI bukan hanya dirayakan anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia, termasuk di Kabupaten Solok,” sebutnya.

Menurut Bupati, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP atau operasi militer untuk perang, tetapi juga melalui OMSP, operasi militer selain perang dengan sikap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. (wan)