24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

XL Axiata Bantu Ratusan Ribu Paket Gratis untuk Pelajar Madrasah Sumbar

PADANG, KP – Perusahaan seluler XL Axiata memberikan 112 ribu paket internet gratis yang diperuntukkan bagi pelajar madrasah di Sumbar untuk menunjang pelaksanaan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19.

”XL Axiata terus mendukung pemerintah dalam upaya membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, terutama dengan solusi memperolah kuota data,” kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, dalam keterangan yang diterima di Padang, Selasa (6/10).

Dalam penyaluran paket gratis tersebut pihak XL Axiata bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu.

“Nantinya pihak Kanwil Kemenag yang akan menyalurkan paket data itu kepada pelajar Madrasah,” katanya.

Penyerahan telah mulai dilakukan sejak Senin (5/10) di Gedung Aula Kantor Wilayah Wilayah Kementerian Agama Sumbar, di Padang.Ia mengatakan 112 ribu paket internet gratis akan disalurkan ke 424 lebih madrasah di provinsi setempat.Pada setiap paket para pelajar dan guru akan mendapatkan kartu SIM dengan kuota data sebesar 85GB dengan masa altif dua bulan.Kuota dapat digunakan untuk memgakses sejumlah aplikasi pembelajaran jarak jauh seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Para pelajar madrasah juga bisa memakainya untuk mengakses bahan pendukung pelajaran yang ada di aplikasi e-learning madrasah, aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.Selain itu kuota juga bisa digunakan untuk mendapatkan materi belajar yang tersediakan di madrasah berbagi yang ada di website https://elearning.kemenag.go.id/madrasahberbagi, Rumah Belajar Kemendikbud yang ada di website https://belajar.kemendikbud.go.id, dan lainnya.

Dewi berharap dukungan yang diberikan itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh pelajar serta guru madrasah di provinsi setempat untuk belajar secara dalam jaringan (daring).

“Seiring dengan penyaluran paket internet, kami juga memastikan kualitas layanan data dan internet tetap maksimal demi kelancaran proses belajar jarak jauh,” katanya.

Pada bagian lain, penyerahan bantuan secara simbolis dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Sumbar Syamsul Arifin, Dewan Pembina Asosiasi Diskominfo Provinsi se-Indonesia (ASKOMPSI), Territory Sales Manager XL Axiata area Padang, Toddy C Siburian, dan lainnya. (ant)