27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Yulidasmar, Tokoh Masyarakat yang Diam-diam Bantu Warga Terdampak Covid-19

SOLOK, KP – Sungguh mulia apa yang sudah dilakukan tokoh masyarakat Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Beliau Yulidasmar (Idek), turun membantu masyarakat terdampak Covid-19 secara diam-diam dengan memberikan bantuan beras kepada keluarga kurang mampu di Nagari Jawi-jawi Guguak dan Nagari Koto Gadang Guguak. Hal tersebut sudah dilakukannya sejak Juni 2020. Caranya yaitu dengan mendata warga kurang mampu, kemudian bantuan beras diantar langsung oleh putra beliau, yakni Yovid dan Raka.

Di samping itu, bantuan tersebut baru untuk warga kurang mampu di Koto Gadang Guguak dan Jawi-jawi. Terakhir pada September 2020 lalu, keluarga Yulidasmar juga kembali membagi-bagikan beras untuk warga kurang mampu di jawi-jawi dan Koto Gadang Guguak sebanyak 500 kg. Rencananya hal itu akan terus dilakukan dan meluas ke Nagari Koto Gaek Guguak. Yang mana setiap warga kurang mampu mendapat bantuan 10 kg beras dan difokuskan kepada warga yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah.

Yulidasmar meyakini, solidaritas sosial di antara masyarakat saat situasi sulit seperti sekarang ini menjadi sangat penting sehingga ketahanan sosial masyarakat tetap terjaga. “Inisiatif ini kami ambil sebagai bagian dari kontribusi sosial atas dasar semangat solidaritas kemanusiaan. Masyarakat di Guguak banyak juga yang terkena dampak Covid-19 sehingga layak kita bantu,” tuturnya.

Menurutnya, masyarakat Guguak Tiga Nagari memiliki semangat gotong royong saling membantu. Bukan hanya itu, masyarakat juga memiliki kemauan kuat untuk bisa segera keluar dari situasi sulit akibat Pandemi Covid-19. “Apa yang kami lakukan tentu bisa menjadi stimulus bagi yang lain agar bersama-sama mengatasi situasi sulit ini. Kita tidak berhitung seberapa besar bantuan yang kita berikan, tetapi kemauan dan partisipasi itu jauh lebih penting. Ini yang kami sadari sebagai bagian dari keterlibatan kami untuk masyarakat di nagari,” tutur Yulidasmar diamini istrinya, Syofinar.

Bukan hanya menyalurkan bantuan berupa paket sembako, Yulidasmar juga ikut turun bersama tim dan relawan Covid-19. Bahkan sebagai Sekretaris pada Dinas Sosial Kabupaten Solok, hal tersebut sudah menjadi bagian dari pekerjaan beliau. “Alhamdulillah kita diberi kelebihan rezeki oleh Allah dan sifatnya hanya sementara. Jadi tidak ada salahnya kita saling berbagi, meski belum seberapa yang bisa kita lakukan untuk membantu antar sesama,” tutur Yulidasmar dengan tetap merendahkan diri.

Selain itu Yulidasmar juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin menaati protokol kesehatan. (wan)