19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kejari Pariaman Sediakan Kotak ‘Tampuang’ di Kantor Camat

PARIAMAN, KP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariamanmembuat program penyediaan kotak pengaduan yang disebut dengan Kota Tampuang (Tampek Mangadu Urang Kampuang) yang ditempatkan langsung di Kantor Kecamatan Pariaman Tengah, baru-baru ini.

Kajari Pariaman, Azman Tanjung mengatakan, Tampuang adalah tempat mengadu orang kampung yang dipasang di kantor camat hingga desa dan nagari guna mengatasi keterbatasan teknologi.”
“Sebenarnya kami sudah menyediakan layanan pengaduan melalui website Kejari atau masyarakat dapat datang langsung ke kantor,” kata kajari.

Namun, lanjutnya karena keterbatasan SDM ataupun jarak yang jauh dan teknologi yang terkadang tidak dapat menjangkau daerah pelosok tertentu maka disediakanlah Tampuang ini.
Ia mengatakan, kotak tersebut hanya dapat dibuka pihak Kejari Pariaman dan petugas PT Pos Indonesia sebagai pihak yang akan menjemput dan mengirimkan laporan yang ditulis warga kepada kejaksaan.
“Masyarakat yang melapor tidak perlu takut terhadap identitasnya, karena dirahasiakan serta dilindungi oleh undang-undang (UU), namun kita tekankan juga dalam membuat laporan atau pengaduan harus sesuai dengan fakta dan kondisi yang ada dilapangan, jangan ada rekayasa karena nantinya bisa jadi fitnah,” tungkasnya.
Lebih lanjut disebutkan, Azman menyebutkan, untuk saat ini Kotak Tampung tersebut dipasang di empat kecamatan di Pariaman dan sejumlah desa dan kelurahan di Pariaman, namun secara bertahap akan dipasang di seluruh kecamatan dan nagari di Kabupaten Padangpariaman.

Azaman menyampaikanlangkah tersebut, juga dalam peningkatan pelayanan publik menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani. 
Menurutnya, meskipun Kotak Tampuang bertujuan untuk menampung aduan warga terkait masalah hukum namun tidak menutup kemungkinan permasalahan pelayanan publik yang berada di tingkat kecamatan, desa dan nagari disampaikan warga melalui kotak tersebut.”Nanti aduan pelayanan publik kami teruskan ke pemerintah setempat berdasarkan tupoksinya,” ujarnya.
Sementara Camat Pariaman Tengah, Ferry Ferdian mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti aduan dari warga yang berhubungan dengan pelayanan publik di daerah itu.
Ia berharap dengan adanya kotak tersebut maka akan semakin tercipta transparansi dan meningkatkan pelayanan publik di daerah itu.(war)