Pandemi, Faterna Unand Bakal Peringati Dies Natalis ke-57 Secara Daring

PADANG,KP – Peringatan Dies Natalis atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Fakultas Peternakan (Faterna) Unand pada 9 Oktober mendatang berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari kondisi Kota Padang yang dilanda pandemi corona. Pada tahun ini peringatan HUT lebih banyak dengan seminar.

“Tahun sebelum-sebelumnya kita bisa mengundang banyak orang saat Dies Natalis. Namun tahun ini kami tidak bisa mengundang banyak orang karena kondisi saat ini yang pandemi. Untuk itu tahun ini kegiatan Dies Natalis lebih banyak dengan seminar. Karena seminar bisa dilakukan dengan daring,”ujar Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 Fakultas Peternakan Rifai, Rabu (7/10).

Pada tanggal 9 Oktober nanti, Gubernur Sumatera Barat dan Rektor Unand Yuliandri akan memberikan sambutan dengan cara daring. “Pada tanggal 9 Oktober nanti juga akan ada orasi ilmiah dan sidang terbuka,”paparnya.

Untuk tahun ini katanya, kegiatan seminar lebih digelar sebanyak lima seri. Sebagian sudah digelar beberapa waktu lalu. “Pada 21 Oktober nanti kita juga akan menggelar seminar tentang sapi dan kerbau. Pada 27 Oktober kami mengadakan seminar tentang unggas,”sebutnya.

Pada tanggal 1 November akan dilakukan pengabdian masyarakat secara daring. “Pengabdian ini nantinya juga akan kami gelar secara daring. Kami akan memberikan pelatihan kepada sejumlah peternak dan kelompok tani. Kekurangan secara daring ini memang kami tidak bisa memperaktekan secara langsung, namun kami bisa mengundang banyak peserta karena dilakukan secara daring,”paparnya.

Tema yang diangkatkan pada Dies Natalis pada tahun ini adalah pengembangan peternakan berbasis sumber daya lokal. “Kebetulan saya baru menjabat menjadi dekan di Fakultas Peternakan. Kedepan saya bersama dengan Wakil Dekan I,II dan III akan melakukan beberapa pengembangan untuk Fakultas Peternakan. Diantaranya adalah membuat induk penelitian. Selama ini hasil penelitian terpisah,”ungkapnya.

Kemudian adalah hasil penelitian dosen akan diseminasikan ke masyarakat. Seluruh dosen nantinya diminta menyatu dengan masyarakat, sehingga memberikan manfaat. “Selanjutnya adalah perluasan jaringan. Kami akan melakukan kerja sama dengan beberapa instansi seperti dinas peternakan Sumbar dalam penyusunan rancangan peternakan dalam jangka menengah,”paparnya. (eja)

Next Post

Bupati Gusmal Ikuti Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN Seri ke IV

Rab Okt 7 , 2020
SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, mengikuti Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN Seri ke IV, di Guest House Arosuka, Rabu (7/10). Turut bergabung Asisten Eksbangkesra Medison, Kepala Inspektorat Hermantias, Kepala BKPSDM mewakili, Kadis Kominfo dan Kabag Humas, Syofiar Syam. Sementara dari pusat tampak hadir Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin, […]