21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Persoalan Menahun Tumpukan Sampah di Pasa Balai Rabaa Segera Teratasi

BATUSANGKAR, KP – Tumpukan sampah dipinggiran Batang Selo Batang Selo, Pasa Balai Rabaa, Nagari Padang Ganting yang sudah menjadi keluhan masyarakat setempat selama ini hingga kini belum teratasi. Disamping belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA), juga berpotensi mencemari lingkungan sekitar.

Pjs Bupati Tanahdatar Erman Rahman ketika meninjau persoalan sampah yang menumpuk di pinggiran Batang Selo, Pasa Balai Rabaa, Nagari Padang Ganting, Rabu (7/10)meminta dinas terkait untuk menggangarkan pengadaan mobil pengangkut sampah dab ditempatkan dilokasi dekat penumpukan sampah tersebut. 

“Kalau bisa dialokasikan anggaran untuk pengadaan mobil pengangkut sampah. Sehingga bisa menimalisir keluhan yang dihadapi masyarakat,” pinta Putra Padang Ganting tersebut kepada Kadis Perkim dan LH.

Berkaitan dengan itu, Kadis Perkim dan LH Desi Trikorina mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah, tahun ini pihaknya mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk pengadaan mobil pengangkut sampah, namun karena Covid-19 hal tersebut tidak jadi dilakukan.

“Kita masih punya konteiner yang sedang diperbaiki, dan bisa ditempati diPasar Balai Rabaa Padang Ganting,” sebutnya.

Dia menambahkan, jika sudah jelas Dana Alokasi Umum (DAU) Tanahdatar, pihaknya bisa menganggarkan pada tahun 2021 mendatang.”Tahun 2021 kalau sudah jelas DAU kita, kita bisa anggarkan,” ungkapnya.

Disamping itu, Desi Trikorina juga menyarankan kepada pemerintahan nagari untuk bisa menganggarkan pembelian becak motor, dan konteiner melalui dana desa.”Wali Nagari bisa menganggarkan melalui dana desa untuk pembelian becak motor, dan konteiner,” terangnya.

Di tempat yang sama Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar, persoalan ini sudah menahun, malahan sejak pasar ada. Penyebabnya, karena belum adanya mobil pengangkut sampah atau TPA.

Dia yakin dengan kehadiran Pjs Bupati beserta OPD terkait bisa menyelesaikan keluhan masyarakat tentang penumpukan sampah ini. (nas)