20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bawaslu Kota Solok Gelar Sosialisasi Bagi Alumni SKPP Terbaik

SOLOK, KP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok menggelar sosialisasi bagi Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) terbaik di Kantor Bawaslu Kota Solok, Kamis (8/10). Kegiatan itu dalam rangka memperkuat pengetahuan masyarakat tentang pengawasan pemilihan.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kasek Bawaslu Provinsi Sumatra Barat Karnalis Kamaruddin, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin, Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Kota Solok Budi Santosa, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Solok, Agustin Melta dan para peserta 17 orang alumni SKPP.

Kasek Bawaslu Sumbar, Karnalis mengatakan, pihaknya berharap kepada para kader untuk dapat menjadi pelopor dalam pengawasan pemantauan dalam setiap pemilihan. Serta menjadi inisiator yang berbaur dengan masyarakat dalam rangka pengawasan. Kemudian para kader SKPP juga diharapkan dapat diberdayakan untuk membantu pengawasan di TPS, membantu kelancaran pemilihan di TPS, menjaga kondusifitas ketika terjun langsung, menjaga tata krama dan sopan santun di tengah masyarakat.

Dengan adanya SKPP tersebut diharapkan masyarakat dapat memahami dan memiliki pengetahuan fungsi pengawasan dalam pemilihan. Dan ke depannya para kader juga memiliki kesempatan untuk masuk ke Bawaslu, tentu dengan memenuhi syarat dan independen. “Saya berharap apa yang didapat di SKPP, ditambah ilmu yang dimiliki dapat berguna dalam fungsi pengawasan. Kepada para kader diharapkan untuk semangat dan meningkatkan terus pengetahuan, karena ke depannya dapat berguna bagi Bawaslu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati mengatakan, dengan adanya sosialisasi tersebut masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang memadai terkait pengawasan Pemilu. Sehingga dapat membantu memudahkan proses pemilihan dengan pemahaman aturan kepengawasan Pemilu. “Para kader dapat menjadi masyarakat yang terdidik mengenai pengawasan Pemilu, yang tentu akan memudahkan kerja-kerja Bawaslu dan proses pemilihan itu sendiri,” kata Triati.

Selain itu pada kesempatan tersebut Kasek Bawaslu Karnalis Kamaruddin menyerahkan sertifikat SKPP secara simbolis. Sedangkan para peserta yang sebelumnya hanya bertemu secara daring, pada pertemuan pertama kali ini diberikan materi-materi sosialisasi serta diskusi antar kader terkait kepengawasan kepemiluan. (van)