18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Fidel Efendi Dilantik Jadi PJ Sekda Solok Selatan

PADANGARO, KP – Penjabat Sementara Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal melantik Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan, Fidel Efendi di Aula Tansi Ampek Kantor Bupati, Rabu (7/10). Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Kapolres Solok Selatan AKBP Tedi Purwanto, serta Kepala OPD.

Dalam sambutannya, Jasman mengatakan, mengemban jabatan sebagai Sekretaris Daerah tidaklah mudah, karena jabatan Sekda multikompek. Di mana seluruh urusan pemerintah daerah bermuara kepada Sekda. “Saya tidak mau mengucapkan selamat, karena kalau saya ucapkan selamat berati pak Sekda bersenang-senang sementara jabatan yang diemban sangatlah berat,” cetusnya sambil tersenyum.

Ia juga mencontohkan sahabat nabi, yakni Abu Bakar Sidik. Di mana saat diberikan amanah, ia malah mengucapkan innalilah, bukan kalimat syukur yang diucapkan. Dikatakannya, diberi amanah adalah musibah apabila tidak dapat mempertanggungjawabkannya dengan baik. Ke depannya kata dia, ada beberapa tugas berat menanti PJ Sekda. Di antaranya bagaimana pelaksanaan Pilkada serentak di Solsel berjalan damai, lancar dan tertib. Setelah itu masalah pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga menyelesaikan anggaran APBD 2021.

Tugas tugas berat itu katanya, harus mampu dilakukan dengan baik oleh Pj Sekda. Untuk itu ia juga meminta dukungan penuh keluarga agar Pj Sekda dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. “Kalau pak Sekda sesekali terlambat pulang atau saya telpon malam hari, mohon dapat dimaklumi ya ibu,” ungkapnya sambil melirik kepada istri Pj Sekda.

Terpisah, Pj Sekda Fidel Efendi menyatakan jabatan itu merupakan amanah yang harus dilaksanakannya dan diemban sebaik mungkin. Fidel menyebutkan, sesuai yang disampaikan Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal, ada tiga poin penting yang mesti dilakukannya supaya fungsi dan roda pemerintahan berjalan lancar. Yakni konsultatif, koordinatif dan instruktif. “Apabila ketiga fungsi itu berjalan baik maka roda pemerintahan akan berjalan lancar,” sebutnya.

Jabatan Sekda menurut Fidel, merupakan tugas yang terhormat sehingga pihaknya akan menjalankan penuh semangat dan pengabdian. “Saya ingin masukan dan saran dari rekan wartawan, di mana titik lemah dalam roda pemerintahan,” bebernya.

Pihaknya, juga dalam jangka pendek memiliki target untuk mensukseskan Pilkada, memutus mata rantai Covid-19 dan mempercepat proses penetapan APBD 2021. “Kami tidak bisa berjalan sendiri, namun butuh kerjasama yang baik dengan OPD dan semua elemen,” tutupnya. (bus)