18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pemerintah Nagari Diimbau Perhatikan Penggunaan Dana Desa Dalam Masa Pandemi

BATUSANGKAR, KP – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tanahdatar Erman Rahman, mengimbau pemerintah nagari untuk memperhatikan penggunaan dana desa dalam masa pandemi Covid-19. Di mana penggunaan dana desa untuk sementara waktu mengurangi pembangunan fisik dan mengutamakan perawatan.

“Penggunaan alokasi dana desa mohon dicermati dalam masa pandemi. Untuk sementara kurangi dulu pembangunan fisik, tapi utamakan anggaran perawatan. Ingat, 50 persen dari dana desa itu untuk padat karya atau upah,” ujarnya saat melantik Penjabat Sementara (Pjs) Wali Nagari Tigo Jangko, Kamis (8/10) di kantor wali setempat. 

Terkait persoalan penanganan Covid-19, Pjs Erman Rahman tetap mengimbau agar masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan dan menjaga kesehatan. “Persoalan percepatan penanganan masalah Covid-19 sudah menjadi prioritas pemerintah pusat hingga kabupaten kota. Beberapa di antaranya akan diterapkannya sanksi bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Jadi tujuannya untuk mengatasi persoalan Covid yang kita belum tahu kapan berakhirnya. Artinya, di sini kita lihat, disiplin menjaga kebersihan adalah kuncinya. Untuk mendisiplikan itu, diatur oleh pemerintah dengan Perda dan Perbup,” terangnya. 

Kepala BPBD Sumatra Barat itu juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa Tanahdatar merupakan daerah yang tidak terlepas dari bencana. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati. “Kita sama-sama tahu jika Sumatra Barat merupakan supermaket bencana. Jadi semua bentuk bencana berpotensi terjadi, termasuk Tanahdatar sendiri,” bebernya.  

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah nagari harus lebih dahulu membahas pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang). Selain membahas anggaran dana desa, Pjs Bupati juga meminta masyarakat menciptakan kondisi aman dan nyaman dalam menghadapi Pilkada yang akan digelar pada Desember nanti. “Mari kita wujudkan Pilkada aman, damai dan badunsanak,” imbaunya. 

Dalam kesempatan itu, Pjs Erman Rahman melantik Nita Jandru yang juga menjabat Sekretaris Camat Lintau Buo sebagai Pjs Wali Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo menggantikan Wali Nagari lama yang sebelumnya dijabat Indra Gunalan. “Tentunya kepada Pjs Wali Nagari kita berharap agar dapat melanjutkan roda pemerintahan di nagari Tigo Jangko ini. Tetap perhatikan tugas berat yang diemban, termasuk mempersiapkan nantinya panitia pemilihan wali nagari. Oleh karena itu, berkoordinasilah dengan semua unsur yang ada,” pesannya. (nas)