20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pjs Walikota Zaenuddin Apresiasi Pembangunan RSUD Bukittinggi

BUKITTINGGI, KP – Pjs Walikota Bukittinggi Zaenuddin, sangat mengapresiasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi. Sebab menurutnya, kehadiran RSUD Bukittinggi di tengah Pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat, apalagi dalam Penanganan Pasien Covid-19. Hal itu diungkapkan Zaenuddin didampingi Kabag Humas, Yulman kepada KORAN PADANG saat Sidak ke bagian Humas Setdako Bukittinggi, Selasa (6/10).

“Saya telah dapat laporan tentang pembangunan RSUD Bukittinggi dan sekarang dalam finishing pekerjaan, diharapkan selesai satu bulan ini. Sehingga RSUD ini dapat diresmikan dalam tahun ini sekaligus dapat dioperasionalkan untuk pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19,” ujar Zaenuddin.

Sebab rumah sakit yang ada sekarang di Bukittinggi jelasnya, pada umumnya penuh. Sehingga kehadiran RSUD sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat Bukittinggi, termasuk dalam penanganan Covid-19. Untuk itu ia optimis pekerjaan finishing RSUD dapat selesai menjelang akhir tahun ini.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Feri kepada KORAN PADANG menyebutkan, pembangunan RSUD itu ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar di Kota Bukittinggi. Karena saat ini Bukittinggi belum mempunyai Rumah Sakit Daerah. Sehingga dengan kondisi itu, Pemko Bukittinggi tidak dapat mengeluarkan kebijakan untuk inovasi dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Atas dasar itu, Walikota Bukittinggi mengambil keputusan untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga diharapkan nantinya pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan lebih baik,” ungkapnya.

Dikatakannya, pembangunan RSUD telah dimulai semenjak tahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp 102.267.533.000, dengan skema pembangunan tahun jamak. ”Insya Allah akhir tahun 2020 ini pembangunan RSUD Bukittinggi selesai dan diresmikan serta mulai beroperasi pada awal tahun 2021. Sedangkan untuk tempat tidur sudah datang, termasuk beberapa peralatan medisnya. Khusus untuk tenaga kerjanya juga akan direkrut dalam waktu dekat ini,” ungkapnya. (eds)