18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KUNJUNGI MAKAM SYEKH BURHANUDDIN, Dinkes Padangpariaman Tinjau Kondisi Jemaah Usai ‘Sapa Gadang’

PARITMALINTANG, KP – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman, Yutiardi Rivai bersama rombongan meninjau kawasan makam syekh Burhanuddin di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan, kecamatan Ulakan Tapakis, Kamis (8/10). Tim dari Dinkes Padangpariaman itu ingin melihat langsung para jemaah dan kebersihan lokasi Masjid agung serta makam Syekh Burhanuddin pasca-Basapa.

Pada kesempatan itu, Kadis Yutiardi didampingi Kabid Kesmas Nurhayati, setiba di lokasi langsung menemui para jemaah yang sedang berkerumun tetapi tidak menggunakan masker. Jemaah itu langsung dinasehati untuk menjaga kesehatan, sembari disodorkan masker. Sedangkan anggota tim lainnya juga menyambangi para pedagang yang tidak memakai masker dan menjaga kebersihan makanan yang dijual.

“Kami merasa terpanggil datang ke sini, karena banyak jemaah yang datang berziarah sudah berusia lanjut. Itu sangat rentan sekali tertular Covid-19,” jelasnya.

Dia mengatakan, Pjs. Bupati telah menginstruksikan pihaknya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Perda no. 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendalian dan Pencegahan Covid-19. “Kami tidak menginginkan ada masyarakat yang berurusan dengan penyidik akibat melanggar protokol kesehatan,” ujarnya menutup pembicaraan.

Selain itu jumlah kunjungan peziarah pada Sapa Gadang kemarin (Kamis-red), akibat pandemi Covid-19 memang tidak seramai tahun lalu. Sementara itu pada Rabu depan, kawasan makam itu akan kembali ramai dikunjungi peziarah untuk mengikuti Sapa Ketek. (war)