MANFAATKAN SDM DAN DESA SENDIRI, Disparbud Pariaman Gelar Lomba Video Kreatif Antar Desa dan Kelurahan

PARIAMAN, KP – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar workshop lomba video kreatif pariwisata antar desa/kelurahan se-Kota Pariaman di Aula Kantor Kecamatan Pariaman Timur, Kamis (8/10).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen menyampaikan, hari ini (Kamis-red) dilakukan rangkaian kegiatan lomba video kreatif pariwisata antar desa/kelurahan yang telah dibuka Plt. Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin pada 1 Oktober 2020 lalu.

“Sekarang kita melakukan workshop di tingkat kecamatan dengan mendatangkan 3 orang Sumber Daya Manusia (SDM) asal desa sendiri agar dilatih mulai dari sekarang hingga 5 tahun ke depan untuk melakukan pembuatan video kreatif ini. Yang membuat video kreatif diutamakan pemuda dari desa masing-masing sedangkan untuk SDM dari luar desa kita tidak izinkan kalau hanya sebagai pembimbing saja diperbolehkan,” tegasnya.

Dwi Marhen juga menjelaskan, dalam workshop itu diberikan ketentuan dan melatih mulai dari cara pembuatannya, aturan serta tema yang akan diambil. “setelah workshop ini selesai, kita memberi waktu selama 2 minggu ke depan bagi mereka untuk membuat video kreatif di desa masing-masing. Dan selanjutnya pada 26 hingga 29 Oktober 2020 akan dilanjutkan bimbingan di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman. Dan pada 1 November 2020 akan kita upload di media sosial serta pada 12 Desember 2020 akan diumumkan pemenangnya,“ ulasnya.

“Dengan adanya 71 video kreatif dari desa/kelurahan yang akan muncul di Kota Pariaman, maka akan meningkatkan promosi Kota Pariaman dan desa tersebut menjadi tahu potensi dari masing-masing desa mulai dari kuliner, pariwisata, seni dan budaya,“ sambungnya.

Lebih lanjut ia juga menuturkan, jika dahulunya menggali potensi wisata melalui sebuah buku dengan mencari jumlah penduduk, mata pencarian dan potensinya, namun sekarang diubah dalam bentuk video durasi tiga menit. “Dengan harapan melalui video durasi 3 menit ini orang bisa melihat potensi dari masing-masing desa tersebut sehingga ini juga mampu mempromosikan Kota Pariaman secara keseluruhan,“ imbuhnya.

Penilaian nantinya kata dia, desa/kelurahan wajib memilki akun media sosial mulai dari instagram, facebook dan youtube. Dan hasilnya nanti pada 1 November 2020 diupload di masing-masing media sosial tersebut. “Pemenang akan diumumkan pada 12 Desember 2020. Ada 2 kategori dalam penilaian, yakni kategori peserta terbaik dan kategori terfavorit. Dari seluruh peserta, akan dipilih 3 terbaik di antaranya pemenang juara 1, 2 dan 3 dan akan dipilih juara favorit 1, 2 dan 3 berdasarkan like dan ditonton terbanyak. Nantinya peserta terbaik karyanya akan ditampilkan pada main event acara Launching Calender Of Event Pariaman 2021,“ tandasnya mengakhiri.

Sementara itu Camat Pariaman Timur, M. Arief Gunawan menuturkan, dengan adanya kegiatan itu menjadi suatu inovasi yang bagus dimunculkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman terhadap pembuatan video kreatif desa/kelurahan. “Dengan adanya program tersebut maka akan lahir informasi melalui video yang akan di share melalui media sosial dari Pemerintahan Desa masing-masing sehingga akan keluar potensi-potensi desa yang bisa dilihat masyarakat,“ katanya.

Lebih lanjut kata dia, tidak hanya masyarakat Kota Pariaman saja namun seluruh Indonesia maupun Internasional secara otomatis potensi desa dapat dipromosikan. “Potensi yang ada di Kecamatan Timur mulai dari pariwisata, pertanian, UMKM, seni budaya, namun secara keseluruhan yang diinginkan oleh tim nantinya dapat terealisasikan,“ sambungnya.

Selain itu turut hadir pada acara tersebut Kadis PMdes Kota Pariaman Efendi Jamal, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Devi Astuti dan Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda. (war/mc)

Next Post

Plt Walikota Mardison Laksanakan Entry Meeting Terkait SPBE BPK Sumbar

Jum Okt 9 , 2020
PARIAMAN, KP – Plt Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, mengikuti vidcon dalam rangka Entry Meetinguntuk pemeriksaan kinerja atasefektivitas pengelolaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Acara  yang diselenggarakan Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumatra Barat pada Kamis (8/10) itu, turut didampingi Sekretaris […]