PPID Padangpanjang Masuk Nominator Terbaik Badan Publik Tingkat Sumbar

PADANG PANJANG, KP – Masuk Lima besar nominator terbaik dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik di Sumbar, tim Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar lakukan visitasi ke Dinas Kominfo Kota Padangpanjang untuk menilai dan mengevaluasi keterbukaan informasi publik di PPID Utama Kota Padangpanjang itu, baru-baru ini.

Tim Visitasi yang dipimpin langsung Wakil Ketua KI Sumbar, Adryan Tuswandididampingi Komisioner KI Sumbar, Arif Jumardidan satu orang Tim Visitasi, Kiki Eko Saputra tersebut diterima Kadis Kominfo Padang Panjang, Ampera, bersama Plt. Kepala Bidang IKP, Budiono, dan Kasi PIP, Harry Sulistiodi ruang kerja Kadis Kominfo setempat.

Beberapa kriteria penilaian PPID oleh tim KI tersebut salah satunya yaitu dokumen pendukung yang sesuai dengan quisioner yang telah dikirimkan kepada KI Sumbar. Seperti laporan keuangan, perwako mengenai PPID yang sudah dikeluarkan dan laporan kinerja serta RPJMD.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padangpanjang, Amperamenyampaikan, PPID Padangpanjang telah menjalankan amanah Undang-Undang (UU) Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Secara umum PPID Padangpanjang telah siap untuk dinilai, sudah siap di crosscek kondisi lapangan sesuai dengan quisioner Badan Publik yang telah diserahkan beberapa waktu lalu,”katanya.

PPID Utama Kota Padangpanjang juga telah berusaha melaksanakan tugas dan fungsinya dengan menyediakan informasi sesuai kriteria wajib disediakan dan mengumumkan baik melalui papan pengumuman maupun melaluiwebsiteppidkotapadangpanjang.go.id dan serta aplikasi pendukung lainnya yang ada di Dinas Kominfo Kota Padangpanjang.

Disamping itu, Komisioner KI Sumbar Arif Jumardiusai melakukan visitasi mengatakan, tujuan dilakukannya penilaian yaitu guna memonitoring dan mengevaluasi mengenai kepatuhan badan publik terhadap keterbukaan informasi dan layanan informasi publik.

“Visitasi ini adalah tahapan ketiga dari beberapa rangkaian tahapan. Kami berharap apa yang disampaikan oleh PPID Utama Kota Padangpanjang dapat teraktualisasi dalam pelaksanaanya,”ujar Arif.

Menurutnya, secara keseluruhan PPID Padangpanjang cukup serius mempersiapkan diri dalam penilaian ini.”Tahun ini saya melihat ada beberapa peningkatan dari PPID Utama Kota Padangpanjang dan mudah – mudahan kedepan akan semakin baik lagi, sehingga dapat menjadi PPID yang informatif, “pungkasnya. (sup/*)

Next Post

Dokter Andani Eka Putra Raih Penghargaan Indonesia Award 2020

Jum Okt 9 , 2020
PADANG, KP – Stasiun televisi iNews menggelar Indonesia Award 2020 bertajuk ‘Kebanggaan Indonesia’ Rabu malam lalu (7/10).Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan bagi tokoh, dan lembaga pemerintah maupun nonpemerintah atas dedikasi, prestasi dan konsistensinya dalam membangun negeri. Adapun kategori penghargaan ini yakni untuk tokoh publik, tokoh profesional dan penghargaan khusus di […]