24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PUNYA RUMPUT LAPANGAN STANDAR FIFA , GOR Gelora Energy Resmi Diserahterimakan

PADANG ARO, KP – PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML), perusahaan patungan PT Supreme Energy, ENGIE, dan Sumitomo Corporation melakukan serah terima Gelangang Olah Raga (GOR) dan Balai Masyarakat Gelora Energy kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, di Pekonina, Kecamatan Pauh Duo, Kamis (8/10).

Upacara serah terima yang diadakan secara virtual via Webinar Zoom itu dihadiri Pjs. Bupati Solok Selatan Jasman Rizal beserta jajaran, Ketua DPRD Solok Selatan, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, tokoh adat dan masyarakat, KONI, para wali nagari, insan pers, jajaran manajemen PT SEML dan undangan lainnya.

GOR dan Balai Masyarakat Gelora Energy itu dibangun sebagai ungkapan terimakasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah Daerah dan Masyarakat Solok Selatan terhadap Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh. GOR yang mulai dibangun tahun 2018 silam dengan menelan biaya puluhan miliar rupiah itu memiliki fasilitas yang terdiri dari lapangan sepakbola dan atletik di ruang terbuka, serta fasilitas berbagai cabang olahraga di arena tertutup seluas 34 x 24 meter.

Lapangan sepakbola dibangun dan dilengkapi dengan menggunakan salah satu jenis rumput terbaik standar organisasi sepakbola internasional FIFA, yaitu rumput Zoysia Matrella atau rumput Manila dengan sistem drainase tertentu untuk mengurangi genangan air.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dan Masyarakat Solok Selatan dan Sumatera Barat atas dukungan yang diberikan terhadap proyek PLTP Muara Laboh. Kami berharap dengan adanya GOR dan Balai Masyarakat ini akan dapat meningkatkan dan mempererat tali silaturahmi kita dengan masyarakat sekitar,” ujar Founder & Chairman PT Supreme Energy, Supramu Santosa.

Menurutnya, pemberian nama ‘Gelora Energy’ dimaksudkan untuk membangkitkan energi masyarakat terutama kalangan milenial di daerah Solok Selatan. Ia berharap GOR Gelora Energy itu dapat dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai pusat olahraga dan berbagai kegiatan sosial budaya masyarakat Solok Selatan khususnya dan Sumbar umumnya.

Sementara, Pjs. Bupati Solsel Jasman Rizal menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Supreme Energy Muara Laboh (SEML). Menurutnya, PTSEML sebagai perusahaan yang mempelopori berdirinya pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sumbartelah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan daerah dan perekonomian di Solok Selatan khususnya.

Menurut Jasman, kehadiran GOR tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PTSEML terhadap masyarakat Solok Selatan, dimana antara PTSEML dengan Pemkab Solsel telah melakukan tukar menukar barang milik daerah berupa tanah yang luasnya 62.300 meter persegi dengan nilai lebih kurang Rp2,3 miliar. Dan sebagai barang penggantinya dari PTSEML berupa tanah seluas 84.930 meter persegi beserta bangunan GOR dengan nilai lebih kurang 26 miliar.

“Tentu tukar menukar ini sangat memberikan keuntungan besar bagi pemerintah dan masyarakat Solok Selatan yang nantinya akan mendukung pengembangan dan peningkatan sektor keolahragaan,” terang Jasman.

Ia menyebut tugas pemkab selanjutnya adalah menjaga, mengelola, memelihara, dan memberdayakan GOR dan Balai Masyarakat Gelora Energy itu dengan menyediakan anggaran. “Kedepan, menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan memeliharanya, khususnya tim yang sudah dibentuk yang diketuai sekda, dengan sebaik-baiknya,”pungkasnya. (bus)