21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tambah Daya Tampung, RSUD Rasidin Terkendala Tenaga Medis

PADANG, KP – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang, Herlin Sridiani mengatakan, RSUDdr. Rasidin saat ini mampu menampung perawatan 70 pasien Covid-19. Jumlah itu pun bisa ditambah 20 pasien, namun masih terkendala dengan ketersediaaan tenaga medis.

“Sejak ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan Covid-19, pada Maret 2020 lalu RSUD dr. Rasidin sudah melayani ribuan pasien. Kini RSUD hanya fokus merawat pasien yang berasal dari Padang saja, sebab terjadi penambahan kasus yang signifikan,” jelasnya di Padang, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, dari 574 yang dirawat di RSUD, 549 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. “Dari data ini dapat kita lihat, angka kesembuhannya cukup tinggi,” sebutnya. 

Untuk itu, pihaknya terus meningkatkan pelayanan, fasilitas dan sarana prasarana. Sehingga pelayanan kepada pasien bisa berjalan dengan baik.

“Untuk tenaga paramedis yang bertugas di RSUD Rasidin yang menangani pasien COVID-19 hingga kini mencapai 300 orang terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, tenaga laboratorium, perawat dan petugas lainnya,” tambahnya.

Namun disamping itu ia menilai, berapa banyak pun ruang perawatan pasien Covid-19 dan tenaga medis yang tersedia, jika warga kota tidak patuh dan lalai terhadap protokol kesehatan, maka hal itu menjadi percuma.

“Untuk itu kami berharap, warga kota ini dapat mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan mandi (3M) serta hindari kerumunan,” jelasnya.

Hal tersebut juga dapat meringankan beban kerja petugas medis yang sangat kewalahan menangani kasus positif Covid-19.  

Ia menambahkan, terkait dalam penanganan pasien positif, area rumah sakit dibagi tiga zona meliputi merah, kuning dan hijau. Sedangkan, untuk menjaga paramedis tidak terpapar, mereka diinapkan di hotel, menggunakan APD lengkap serta dilakukan tes usap. (nda)