9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RSUD Padang Ditahan Jaksa

PADANG, KP – Salah satu tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) RSUD dr Rasyidin Padangatas nama Iswandi Ilyas resmi ditahan pihak Kejaksaan Negeri Padang, Kamis (8/10).

“Ya, telah dilakukan proses penyerahan tersangka beserta barang bukti dari penyidik polisi kepada jaksa (tahap II)dan di tingkat penuntutan ini kami melakukan penahanan,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Padang, Therry Gutama.

Ia mengatakan proses tahap II dilakukan di Kantor Kejari Padang mulai pukul 11.00 WIB dan berlangsung sekitar satu jam.Tersangka Iswandi yang didampingi oleh penasehat hukumnya sempat menjalani sejumlah proses administrasi.

Ia mengatakan meski statusnya telah menjadi tahanan, namun tersangka belum dimasukkan ke Rutan dan masih ditempatkan di sel kepolisian.

“Karena kondisi covid-19, tahanan yang bisa masuk ke rutan hanya untuk perkara yang telah dilimpahkan ke pengadilan,” jelasnya.

Therry mengatakan setelah proses tahap II itu JPU akan menyempurnakan surat dakwaan agar perkara bisa dilimpah ke pengadilan.Ada lima JPU yang ditunjuk menangani perkara Iswandi tersebut yaitu Therry Gutama, Pitria Erwina, Dwi Indah Puspa Sari, Ernawati, dan Silvia Endriati.

Sementara, penasehat hukum terdakwa dari Kantor Hukum Independen yaitu Defika Yufiandra mengatakan pada prinsipnya menghormati proses hukum.”Pada intinya kami menghormati proses hukum, selanjutnya kami siapkan alat bukti untuk di persidangan,” katanya.

Iswandi dijerat dengan pidana melanggar pasal 2 pasal 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. Ia merupakan satu dari lima tersangka yang terjerat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Alkes.Sementara empat tersangka lainnya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang. (ant)