21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Batu Malin Kundang Tenggelam

PADANG, KP – Beredar video viral di media sosial memperlihatkan Batu Malin Kundang yang berada di objek wisata Pantai Air Manis, Kota Padang, hilang tenggelam akibat genangan air. Video itu pertama kali diupload akun Instagram @infosumbar dan telah ditonton 95.092 netizen hingga Minggu (11/10).

Video berdurasi sekitar 50 detik itu memperlihatkan genangan air yang menutupi Batu Malin Kundang. Sementara, beberapa anak terlihat berenang di genangan air itu.Pada postingannya, akun ini juga meminta jawaban dari dinas terkait dengan menandai akun Instagram @pariwisata.padang, @sumbartravel, dan @kemenparekraf.ri

Sontak postingan tersebut mendapat beragam komentar dari netizen. Banyak dari netizen yang menyayangkan hilangnya Batu Malin Kundang akibat tergenang air itu.

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota PadangArfiantak menampik Batu Malin Kundang tergenang air. Namun pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan penyedotan.

Menurutnya, genangan air diakibatkan curah hujan yang terjadi beberapa hari belakangan dan ditambah gelombangpasang air laut.

“Kami sudah kerja, air sudah disedot. Saya sudah kontak BPBD untuk tolong bantu memompa air. Batu Malin Kundang itu tenggelam karena hujan seminggu belakangan dan berbarengan dengan air pasang, jadi air tidak cepat surut,” ujar Arfian, seperti dikutip dari Langgam.id, Minggu (11/10).

Dia memastikan air yang meneggelamkan Batu Malin Kundang segera teratasi. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengevaluasi lubang aliran air di sekitar lokasi objek wisata tersebut.

“Kalau lubang untuk air mengalir ada, banyak, tapi ini karena hujan berkepanjangan dan juga air pasang. Antisipasi selanjutnya, kami akan kembali koordinasi dengan Balai Pemukiman Prasana Wilayah atau Dinas PU untuk teknisnya,” pungkasnya. (lgm)