18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

BERI PESAN PILKADA DAMAI, Foto Dua Figur Beda Status Sosial Tarik Perhatian Warganet

LIMAPULUH KOTA, KP- Meskipun foto dua calon Bupati Limapuluh Kota, Muhammad Rahmad dan Ferizal Ridwan, dijempret beberapa hari lalu. Namun foto dua calon pemimpin sedang menunggangi ‘kuda jepang’ alias sepeda motor milik Wakil Bupati petahana Ferizal Ridwan alias Buya Feri itu menarik perhatian dan viral di media sosial (medsos).

Menurut informasi yang diperoleh, foto itu dijempret usai deklarasi Pilkada Damai yang digelar di Mapolres Limapuluh Kota. Saa itu, empat paslon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota yang akan bertarung 9 Desember 2020 mendatang, menyatakan sikap akan menggelar Pilkada damai, aman dan sehat.

Ternyata ungkapan Pilkada damai tersebut, bukan sekadar kegiatan serimonial yang penuh basa-basi.Namun diaplikasikan dalam bentuk nyata oleh dua figur calon kuat Bupati Muhammad Rahmad dan Buya Feri.

“Foto Muhammad Rahmad dan Buya Feri sedang menunggangi sepeda motor itu, ada pesan Pilkada damai dari Kabupaten Limapuluh Kota untuk Indonesia. Sepertinya, pesan Pilkada damai dari Muhammad Rahmad dan Buya ini, pantas ditiru oleh calon Kepala Daerah yang sedang bertarung pada Pilkada serentak 2020 yang sedang digelar di tanah air,” ungkap Dr. Asep Ajidin, menulis komentar di media sosial facebooknya.

Viralnya foto cabup Muhammad Rahmad dan Ferizal Ridwan dimedsos, pasca dijepret sedang menunggangi sepeda motor itu, sebenarnya bukan terletak pada keindahan gambar. Tetapi terkait dengan isu politik yang sedang hangat di Kabupaten Limapuluh Kota.

Foto itu menjadi viral dan menjadi diskusi di ruang publik, bisa jadi setelah terungkap di media massa bahwa kedua figur calon pemimpin itu memiliki status sosial yang sangat jauh berbeda secara finansial.

Setidaknya itu terbukti, jika cabup Muhammad Rahmad mengendarai mobil mewah saat bersosialisasi, sedangkan cabup Ferizal Ridwan hanya mengendarai sepeda motor roda dua saat bersilaturahmi dan bersosialisasi.

Seperti dirangkum dari situs e-LHKPN KPK terkait daftar kekayaan cabup-cawabup Limapuluh Kota terungkap bahwa, Muhammad Rahmad memiliki total harta kekayaan sebesar Rp53,46 miliar. Terdiri dari tanah dan bangunan yang tersebar pada 10 titik di Jakarta, Bogor, dan Limapuluh Kota, dengan nilai keseluruhan Rp26,99 miliar.

Tak hanya itu, Muhammad Rahmad juga punya mobil Lexus RX350 tahun 2011 seharga Rp350 juta dan motor Vespa Scooter tahun 2018 seharga Rp34 juta dan punya harta bergerak lainnya senilai Rp7,18 miliar serta kas dan setara kas senilai Rp21,8 miliar. Selain itu, Rahmad punya utang sebesar Rp2,9 miliar.

Sedangkan Ferizal Ridwan sebagai Wakil Bupati Limapuluh Kota atau penyelenggara negara, melaporkan kepada KPK, harta kekayaannya minus sebesar Rp121,71 juta.

Ferizal Ridwan dalam laporannya tidak punya tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak, surat berharga, kas dan setara kas, ataupun harta lainnya milik sendiri dan punya utang Rp121,71 juta.

Hebatnya, walaupun kedua figur calon bupati Llimapuluh Kota ini memiliki status sosial yang jauh berbeda secara finansial, namun kedua figur ini punya kharisma dan diidolakan masyarakat sebagai calon pemimpin pilihan rakyat.(dst)