21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

DUA TAHUN KEPEMIMPINAN WALIKOTA FADLY AMRAN BBA DT. PADUKO MALANO DAN WAWAKO ASRUL BERAGAM PRESTASI, Jadikan Kota Padangpanjang Sebagai Kota Tujuan dan Penuh Inovasi

MASA kepemimpinan Walikota Fadly Amran BBA Dt Paduko Malano bersama Wakil Walikota Drs Asrul di Padangpanjang genap 2 tahun, pasca dilantik Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada 9 Oktober 2018 silam di Gedung DPRD kota berhawa sejuk itu.

Wako Fadly Amran menyebut tahun kedua kepemimpinan bersama Wawako Asrul dengan APBD 2020 hanya sebesar Rp 595.419.550.986,00 yang mengalami defisit sebanyak Rp. (49.100.000.000,00) untuk kebutuhan balanja daerah sebesar Rp 644.519.550.986,00, duet organisatoris dan birokrat itu terus memberikan yang terbaik. Hasilnya, sedereta prestasi dari tingkat nasional dan provinsi terus membanjiri daerah yang berjuluk Kota Serambi Mekkah itu.

Tekanan situasional mengharuskan dirinya memutar otak guna mengatur strategi kebijakan pemerintahan akibat terpaan wabah pandemi Covid-19 di awal Tahun Anggaran 2020.

Berkat sinergisitas yang terjalin kuat dengan berbagai unsur, termasuk jajaran lintas partai yang duduk di DPRD Kota Padangpanjang, Pasangan yang diusung Partai Golkar tersebut mampu mendorong penguatan Kota Padangpanjang yang bermarwah dan martabat melalui kebijakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai sektor.

Refocusing program kebijakan dan anggaran yang diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, dititikberatkan pada penerapan stabilitas ekonomi dan sosial masyarakat secara merata di setiap sektor kebijakan. Hal ini diiringi tuntutan besar kreativitas dan inovatif jajaran OPD dalam menjalankan visi dan misi pemerintahan, dengan melihat sisi efektivitas dan prioritas, serta azaz manfaat yang langsung menyentuh masyarakat.

“Berat tentu berat. Namun bukan berarti kita harus menyerah memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan pembangunan Kota Padangpanjang di tengah terpaan pandemi Covid-19 sejak awal efektifnya anggaran (APBD) tahun 2020 ini. Alhamdulillah berkat sinergisitas semua unsur, hasilnya berbagai apresiasi tingkat provinsi dan nasional di berbagai sektor program dan kebijakan pemerintahan yang diterapkan,” ungkap Wako Fadly Amran dan Wawako Asrul.

Bicara dari sektor pendidikan, Wako Fadly mengatakan dalam mengangkat kembali marwah Padangpanjang sebagai tujuan pendidikan, kepemerintahannya banyak mengambil langkah terobosan untuk tercapainya layanan pendidikan yang maksimal. Tidak hanya memastikan seluruh anak Padangpanjang mendapatkan sekolah terbaik di kota itu, Wako Fadly dan Wawako Asrul juga melakukan penguatan kualitas melalui langkah membangun kerja sama dengan berbagai pihak.

Langkah lainnya untuk peningkatan layanan pendidikan, Fadly-Asrul juga memakasimalkan hibah terhadap institusi pendidikan yang diantaranya berupa tanah terhadap MTsN, MAPK, MAN, Barin, KAUMAN, Diniyyah, Thawalib yang nota bene merupakan sekolah favorit diluar sekolah negeri yang ada di Padangpanjang.

Targetnya adalah mengembalikan marwah sekolah tersebut, untuk kembali unggul secara merata sebagai mana dulunya merupakan tujuan masyarakat dari berbagai daerah dalam urusan pendidikan anak. “Guna kembali membangkitkan marwah pendidikan yang dulu sangat baik, dengan mengikuti perkembangan zaman tentu memerlukan rumusan yang tepat.

Baik itu rotasi jabatan, peningkatan fasilitas sekolah yang berkaitan dengan daya kapasitas sebagai persiapan menampung masyarakat luar Padangpanjang dan Sumbar yang masuk bersekolah di kota ini. Capaiannya adalah merupakan salah satu indikator dari marwah dan martabat Kota Padangpanjang, yakni dengan lulusan sekolahnya di cap unggul.

Ini juga merupakan target kita dalam 3 tahun ke depan, menyentuh seluruhnya, termasuk sekolah agama dan smart surau dengan setiap masjid memiliki tempat-tempat pembelajaran,” tutur Wako Fadly.

Selain maksimalisasi sarana dan prasarana pendidikan, Wako Fadly dan Wawako Asrul mengaku juga komitmen dalam peningkatan SDM tenaga kependidikan. Berbagai reward telah diprogram untuk memancing terlahirnya guru dan murid juara, diantaranya bonus umroh, beasiswa menulis, serta menegaskan terciptanya good managerial di sekolah-sekolah.

Termasuk juga dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain, yakni salah satunya dengan Ruang Guru yang telah berjalan dua tahun belakangan, yang akan menjadi salah satu tolak ukur capaian pembangunan dari sektor pendidikan.

“Memang capaian belum sesuai dengan target awal, karena harus menyesuaikan dengan kondisi anggaran di tengah pandemi Covid-19. Pembangunan fisik tetap berjalan, meski tidak secara masif dan belum berjalan semaksimal yang kita inginkan. Namun dorongan untuk peningkatan mutu, dapat kita bangun secara masif seperti pelaksanaan PBM secara daring dengan menyediakan sarana internet gratis di setiap kantor lurah, masjid dan mushalla untuk kepentingan peserta didik yang berdomisili di kawasan sekitar,” beber Asrul menambahkan.

Bicara program kebijakan pemerintahan di sektor ekonomi, Wako Fadly mengaku sangat komitmen dalam mendorong pembangunan SDM entreprenueur. Salah satunya dengan target 5 tahun untuk konversi koperasi konvensional menjadi syariah, telah mencapai hampir 100 persen di tahun kedua ini. Tujuannya adalah meningkatkan daya kompetisi, dengan mengutamakan elemen kejujuran. Selain itu di tahun kedua di tengah pandemi Covid-19 ini, maksimalisasi pasar masih menjadikan salah satu program prioritas pembangunan dengan menggelontorkan dana ABPD untuk peningkatan sarana dan prasarana. Termasuk memberikan kebijakan khusus untuk penguatan stabilitas ekonomi masyarakat dengan menurunkan sewa dan memberikan stimulus.

“Ini langkah kita untuk memaksimalkan peran pasar untuk meningkatkan UMKM. Meski lesu akibat kondisi wabah, namun aktivitas pasar kita ini bisa dilihat berjalan cukup baik. Di sisi lainnya, program incubasi juga sudah berjalan luar biasa dengan salah satunya keberadaan Rumah Wirausaha, keringanan perizinan, permodalan dan bantuan perlatanan yang tetap berjalan di tahun ini. Khususnya di sektor perdagangan, kita tidak surut meski dalam terpaan Covid-19. Secara target rasanya cukup tercapai, dengan salah satu buktinya raihan penghargaan dari Kementerian,” tegas Wako Fadly kembali sembari menyebut penguatan ekonomi dari sektor perdagangan akan terus dibenahani secara bertahap.

Sementara terkait program kebijakan di sektor sosial yang mencakup secara komprehensif terhadap sisi kesejahteraan masyarakat, Wako Fadly mengatakan berjalan secara kontiniu sejak tahun pertama kepemimpinannya bersama Asrul.

Terkhusus di tahun kedua yang besertaan dengan wabah pandemi Covid-19 ini, beragam bentuk bantuan stimulan telah menjadi pioner di Sumbar bahkannasional. Diantaranya berupa pembagian sembako sampai dua periode, bantuan dari Baznas, ASN, dan bantuan langsung tunai pertama untuk 3 bulan, yang dilanjutkan kembali pada Oktober-Desember ini.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam pembangunan dari sektor sosial kemasyarakatan. Di luar itu juga ada program bantuan terhadap lansia, disable yang tetap berjalan sampai sekarang sebagai salah satu visi dan misi kepemimpinan kita sebagai kota sayang lansia dan sayang disabilitas,” ucap Fadly.

Komitmen di sektor sosial lainnya, tahun ini pihaknya juga memberikan peluang kerja dengan memberangkatkan masyarakat ke luar negeri. Termasuk dengan jaminan pada BPJS Ketenagakerjaan, selain di satu sisi jaminan kesehatan terhadap masyarakat Padangpanjang sudah digratiskan. Targetnya adalah mencegah risiko sosial terhadap masyarakat, jika suatu ketika menghadapi suatu permasalahan yang bermuara merosotnya tingkat kesejahateraan.

“Sektor ini paling berisiko dan memiliki keterkaitan dengan capaian sektor kebijakan pembangunan lainnya. Karena itu ini merupakan salah satu konsistensi kita, untuk menerapkan kebijakan yang komprehensif. Baik dari sisi keterjaminan kesehatan, ekonomi produktif, dan sosial kemasyarakat serta lainnya,” tegas Asrul menambahkan.

Proyeksi tahun ketiga melalui APBD 2021 mendatang, Wako Faldy Amran dan Wawako Asrul menegaskan sejumlah program prioritas merupakan pe-er yang tertunda karena kondisi refocusing kebijakan dan anggaran di masa pandemi Covid-19.Diantaranya lanjutan pembenahan pasar, penyediaan tanah Sport Centre, Rest Area yang akan dikolaborasikan dengan pihak swasta.

“Khusus rest area ini, merupakan salah satu fokus kita untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Ini juga kita lihat menjadi salah satu keunggulan Padangpanjang, karena memiliki rest area yang sangat strategis dan bagus, dan tidak kita liat ada di daerah lainnya di Sumbar.

Termasuk mewujudkan Pasar Pusat Padangpanjang menjadi pasar yang tacilak. Sedikitnya ada sekitar Rp25 miliar akan kita kucurkan untuk pembenahan pasar nantinya,” pungkas Fadly sembari menyebut sejumlah target program pembangunan yang harus tuntas di 2021 mendatang. *

Tentang Prestasi

MESKI dalam segala keterbatasan mewujudkan jalannya pemerintahan yang merakyat, duet Walikota Fadly Amran BBA, Dt Paduko Malano dengan Drs Asrul mampu mengukir sederetan prestasi ditengah harus fokus dalam penanganan wabah Covid-19.

Melalui program kebijakan di sektor pertanian, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang pada Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) berhasil meraih Juara III Lomba Cipta menu B2SA Tingkat Nasional dari Mentri Kementrian dan Peringkat III Penilaian Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Kategori Petani Berprestasi tingkat Sumbar.

Demikian juga halnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padangpanjang, juga mempersembahkan sederetan penghargaan bagi Pemko Padangpanjang. Masing-masing Penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka Kategori Pejabat, Juara 1 Pustakawan Berprestasi Tingkat Sumbar, Pengembanagan Perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca yang dilengkapi Perda.

Pada sektor ekonomi melalui Dinas Perdagangan Koperasi (Perdagkop) dan UMKM, Padangpanjang juga menerima penghargaan Pasar Rakyat terbaik 2019 tingkat Sumbar, Penghargaan dari ICSB Presidential Awards Kategori Policie Maker tingkat Regional, Piala Nata Mukhti Kementrian Koperasi dan Mark Plus 2020, Penghargaan Government Creativity Innovation Enterpreneurship Leadership Awards 2020 (Kategori Wisata berbasis kelurahan, pasar menuju sni, rumah kemasan). Selain itu Kota Padangpanjang sebagai Kota Koperasi Syari’ah Pertama di Sumbar.

“Hal ini dapat terwujud meski di tengah kondisi segala keterbatasan akibat terpaan wabah Covid-19. Sejumlah kebijakan harus direfcusing, termasuk anggaran. Namun berkat dukungan semua elemen masyaraka dan aparatur, kita masih mampu menghasilkan yang terbaik,” tutur Fadly.

Terkusus peran kebijakan dalam penanganan wabah Covid-19, Pemko Padangpanjang melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) juga menorehkan catatan yang cukup membanggakan. Diantaranya disebutkan, Kota Padangpanjang menjadi yang tertinggi di Sumbar dalam Proporsi Persentase Positif Rate total hasil pemeriksaan test PCR/Swab dengan 2,27 persen.

Selain prestasi dalam kondisi Pandemi, Pemko Padangpanjang disebutkannya juga memiliki sederetan prestasi di awal tahun kedua berjalan.

Yakni terhadap Sekretariat Kota (Sekko) apresiasi untuk ketepatan alokasi bidang ekonomi dalam penghargaan indeks Kelola 2019 dari Katadata Insight Centre. Kemudian Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dengan Juara 2 Provinsi untuk pemuda pelopor di bidang agama,sosial dan budaya dan Juara 2 Provinsi pemuda pelopor di bidang pendidikan. Termasuk salah satunya meraih Bronze Winner of Indonesia Tourism Award pada 2020.

Kemudian di Inspektorat, juga meraih capaian LHKPN tahun 2019 dan 2020 dengan 100 persen, berdirinya rumah aspirasi sebagai satusatunya daerah yang memliki tempat pengaduan dan sekretariat bersama komunitas anti korupsi sebagai upaya mewujudkan Kota Padangpanjang kota anti korupsi dan persentasi pengaduan masyarakat yang ditindaklanjuti mencapai 100 persen pada tahun 2019-2020,” beber Wako Asrul menambahkan.

“Alhamdulillah tentu hal ini sangat membanggakan kita semua. Namun bukan berarti kita lantas terlena, karena apresiasi dan prestasi ini merupakan cemeti bagi kita semua, untuk dapat terus mengeksplor diri memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan pembangunan daerah. Termasuk juga dalam penanganan Covid-19, kita juga menerima apresiasi khusus dari Gubernur. Semoga semua ini menjadikan kita terus bersemangat berbuat yang lebih baik lagi untuk dalam mewujudkan Kota Padangpanjang yang Bermarwah dan Bermartabat,” pungkas Fadly bersama Asrul. *

PRESTASI SELAMA DUA TAHUN TERAKHIR

DINAS PENDIDIKAN

Juara 3 tingkat Nasional Olimpiade guru atas nama Endar Madesa, M.Pd Tahun 2019

– Duta rumah belajar tingkat Provinsi atas nama Rahmat Habibullah, S.Pd.I Tahun 2019

– Juara 2 tingkat prov seleksi guru kepala sekolah atas nama Hilda Fitria Eka Putri, S.Pd Tahun 2019

– Pustakawan berprestasi tingkat nasional 2019 atas nama Fitri Diane Pratiwi Syukri, S.S. Tahun 2019

– POPDA Sumbar medali emas cabang Renang atas nama Afri Gozali Wibowo Tahun 2019

– POPDA Sumbar medali perunggu cabang Renang atas nama Andry Vernandes Tahun 2019

– Medali emas O2SN tingkat Provinsi atas nama Wahyu Dian Alfath Tahun 2019

– Juara 1 Kuis Kihajar Tingkat Provinsi atas nama Sandi Rahmat Alzari Tahun 2019

– Juara 2 Sumbar O2SN SMP/MTsN Tingkat Provinsi atas nama Marissa Dava Kumaira Tahun 2019

– Juara 2 lomba Mewarnai hari Pendidikan Nasional tingkat Provinsi atas nama Raysa Calista Tahun 2019.

– Beasiswa kepada putra-putri Padangpanjang ke Politeknik Negeri Padang sebanyak 48 orang, – Universitas Sampoerna sebanyak 11 orang

– Beasiswa dari Bansos 94 orang tahun 2019, 20 orang tahun 2020.

DINAS KESEHATAN

– Proporsi Persentase Positif Rate total hasil pemeriksaan test PCR/Swab di Kota Padangpanjang tertinggi di Sumbar (2,27 %), mencapai angka 3.178 sampel atau 5,58% dari total 54.421 jumlah penduduk.

– Penanganan PSC 119 cukup meringankan beban Masyarakat

– UHC ( Universal Health Coverage)

– Jaminan Kesehatan untuk Kesehatan Masyarakat Kota Padangpanjang

RSUD

– Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Paripurna2020 Tingkat Nasional

– Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tingkat Nasional

DINAS PU PR

– Penghargaan sebagai Kota Layak Anak dan perlindungan terhadap anak

– Terwujudnya kondisi lingkungan masyarakat dan keluarga yang bersih dan sehat serta berdaya guna

– Bertambahnya tiang listrik sebanyak 176 titik.

– Terpeliharanya jalan sepanjang 18.669,8 meter

– Terbangunnya IPAL dan MCK Komunal sebanyak 3 unit

– Penambahan nursery bunga : 2500 unit

– Tersedianya taman bunga seluas : 2300 meter persegi

– Terbangunnya jalanbaru sepanjang 977 meter

– Penambahan trotoar sepanjang 9 ruas

– Terbangunnya drainase sepanjang : 1572, 25 meter.

PERKIM LH

– Apresiasi pembinaan Proklim untuk kepala Daerah Tingkat Nasional

– Penghargaan Adiwiyata bagi sekolah – sekolah di Padangpanjang dari tingkat SD dan SMP diantaranya ; MTs Diniyyah, SMPN 1, SMPN 5, SDN 05 Pasar usang, SDN 08 Kampung Manggis, SDN13 Gantiang, SDN 16 Koto katiak.

– Penanganan sampah yang melibatkan masyarakat dan Bank Sampah dalam proses pengelolaaan dan daur ulangnya.

SATPOL PP DAMKAR

– Juara 1 Lomba ketangkasan pemadam kebakaran Se-Sumatera Barat.

DINSOS

– Juara terbaik III kategori Kota Pelaksana Pelayanan KB Serentak Tingkat Sumatera Barat

– Pengelola Genre terbaik Sumatera Barat Tahun 2020

– Penghargaan sebagai Kota Layak Anak dan perlindungan terhadap anak Tingkat Nasional Tahun 2019

– Pelopor ruang bermain ramah anak dari kementrian pemberdayan perempuan dan perlindungan anak RI Tahu 2019

– Meningkatnya ragam prestasi dari remaja maupun duta genre dalam berbagai kegiatan dan lomba tingkat Provinsi maupun Nasional Tahun 2019

– Juara 2 GenRe Creative Challenge tingkat nasional

– Terbaik III Festival Iinovasi dan Kreatifitas Forum Anak tingkat Nasional Atas Nama Fazri Muhammad

– Juara 1 Lomba KKG PKK KB Kesehatan tingkat Provinsi

– Penghargaan Kota Layak Anak tahun 2019 tingkat Provinsi

– Pembina Forum Anak Terbaik tahun 2019 tingkat Provinsi

– Forum Anak Terbaik tahun 2019 tingkat Provinsi

– Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak Taman Lembuti Tersertifikasi tahun 2019 tingkat Provinsi

– 15 Besar Panti Asuhan Terbaik tahun 2019 tingkat Nasional

– Juara 1 Lomba Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial tingkat Provinsi

– Juara 1 Lomba LPM Berprestasi tingkat Provinsi

– Juara 1 Ajang Kreatifitas Seni dan Budaya Genre Felosip tingkat Provinsi

– Juara 1 Genre Voice Pada Genre Felosip tingkat Provinsi

– Juara 1 IVA Test tingkat Provinsi

– Juara 1 Lomba UP2K tingkat Provinsi

– Terbaik 1 Pemanfaatan lahan perkarangan tingkat Provinsi

– Harapan 2 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja tingkat Provinsi

– Juara 2 Lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Nasional

– Juara 3 Lomba Dasawisma tingkat Nasional

– Juara 3 Lomba penyuluh KB tingkat Nasional

– Juara 3 PutraDuta Genre Jalur Pendidikan tingkat Nasional

– Juara Fun Award 1.0 kategori bintang triwulan tingkat Nasional

– Media Sosial Genre Terbaik tingkat Nasional

– Runner Up 2 Putri Duta Genre Sumbar

– Runner Up 3 Putra DutaGenre Sumbar

– Runner Up 3 Putra Duta Genre Sumbar

– Harapan 1 Tertib Administrasi PKK

– 5 terbaik Genre Empati

– 5 terbaik Genre Entertain

– 5 Terbaik Genre Educate

– 5 Terbaik Genre Elektronik

– Juara 1 PIK R Execellence Jalur Pendidikan

– Juara 3 PIK R Execellence Jalur Pendidikan

– Juara 2 PIK R Execellence Jalur Masyarakat

– Juara 3 Pelayanan Sejuta Ukseptor

– Juara 2 Kegiatan KKBPK Kesehatan

– Juara 2 Kegiatan Lingkungan Bersih dan Sehat

– Juara 3 Kategori Kegiatan Posyandu

– Juara 2 Kader IMP Berprestasi

DISPANGTAN

– Juara 1 Stand Terbaik Pameran ketahanan pangan hari pangan sedunia ke-36 Tahun 2018

– Juara 1 Lomba cipta menu B2SA Tingkat Provinsi Tahun 2018

– Juara 3 Lomba Cipta menu B2SA Tingkat Nasional Tahun 2019

– Juara 2 Stand Florikultura Indonesia tingkat Nasional tahun 2019

– Juara 3 Penilaian Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Kategori Petani Berprestasi Tingkat Provinsi.

– Juara 1lomba membuat Burger, Juara 1 Kreasi bekal anak, juara 3 kerbau jantan, juara 3 membuat burger putra, juara 3 lomba baju kurung basiba pada kegiatan Live Stock Expo peternakan tahun 2019

– Peringkat 2 Stand Terbaik hari pangan sedunia tingkat Sumbar Tahun 2019

– Penilaian kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan kategori Gapoktan Berprestasi tingkat Sumbar tahun 2019

– Peringkat 3 Forikan Kategori menu keluarga tingkat Sumbar

– Peringkat 3 Penilaian kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan kategori petani Tingkat Sumbar.

DISDUKCAPIL

– Dinas dengan konsistensi terbaik tingkat Sumbar pada penilaian Inovasi pelayanan dalam pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil tahun 2018

– Unit Pelayanan Publik Kategori Baiktingkat Nasional 2018 dari kemenepan RB

– Unit Pelayanan Publik Kategori Baiktingkat Nasional 2019 dari kemenepan RB

– OPD dengan kategori Koordinasi sangat baik pada partisipasi ASN pada sensus online 2020 yang diadakan oleh BPS.

DISHUB

– Akreditasi B Unit Pelaksanaan Uji Kendaraan Bermotor Tingkat Nasional Tahun 2018

– Indonesia Road Safety Award (IRSA) tingkat Nasional Tahun 2019

– Wahana Tata Nugraha (WTN) Tanpa Catatan Tingkat Nasional Tahun 2019

– Juara 3 Abdiyasa Teladan Tingkat Sumbar Atas Nama Budi Priyatna KOP Sari Menanti Tingkat Regional Tahun 2019

– Juara 2 Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Sumbar Atas Nama Muhammad Raihan – Fahlevi SMAN 1 Sumbar Tahun 2019

– Peringkat 13 Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Pusat Atas Nama Muhammad Raihan Fahlevi SMAN 1 Sumbar Tahun 2019.

DISKOMINFO

– Command Center, Call Center 112

– Command Center MoU dengan Kota Tanggerang

– PPID masuk 5 besar Kategori pelayanan terbaik dari 19 Kabupaten Kota Se-Sumbar

– Juara I Kota Cerdas (Kategori Kota Kecil) pada Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018

– Terpilih sebagai daerah pilot project Gerakan Menuju 100 Smart City 2019

– Terpilih sebagai juara pada Kategori Kota Kecil dalam Rating Kota Cerdas 2019

– Terintegrasinya layanan data dan sistem kepegawaian, kependudukan, dan beragam layanan turunannya 2019

– Beroperasionalnya jaringan interkoneksi Pemerintah Kota Padangpanjang melalui fiber optic 2019

– Beroperasionalnya Data Center, Command Center, Layanan Call Center, dan Layana City Surveillance 2019

– Terpilih sebagai V besar PPID Sumatera Barat 2019.

DPMPTSP

– Program pengiriman pelatihan magang baik tingkat Nasional maupun Internasional (JEPANG) bagi masyarakat Padangpanjang sebanyak 16 orang selama 2 bulan

– Terwujudnya jaminan ketenagakerjaan bagi tenaga kerja di Kota Padangpanjang sebagai hasil dari kerjasama DPMPTSP dan BPJS Ketenagaakerjaan sebanyak 1500 orang pekerja sektor Informal Tahun 2020

– Role Model Penyelenggaraan pelayanan Public terbaik tahun 2019

– Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Meliputi Penilaian kepatuhan perusahaan atau badan usaha tahun 2020 sebanyak 50 perusahaan

– Sosialisasi BPJS ketenagakerjaan, sosialisasi undang-undang ketenagakerjaan no-13 tahun 2003

– Kerjasama dengan pihak ke-3 dalam optimalisasi pemanfaatan dinding pasar pusat Padangpanjang.

PUSTAKA dan ARSIP

– Penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka Kategori Pejabat

– Juara 1 Pustakawan Berprestasi Tingkat Sumbar

– Pengembangan Perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca yang dilengkapi dengan Perda No 4 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perpustakaan

– Terjalinnya kerjasama dengan ISI Kota Padangpanjang

– Penghargaan pengawasan Kearsipan kategori sangat baikdi tingkat Sumbar

DINAS PARIWISATA

– Juara 2 tingkat Provinsi pemuda pelopor di bidang agama, sosial dan budaya an nanda saputra.

– Juara 2 tingkat Provinsi pemuda pelopor di bidang pendidikan an zikril husnan

– Bronze winner of Indonesia tourism award 2020.

DISPERINDAG

– Pasar rakyat terbaik 2019 tingkat Sumbar

– Penghargaan dari ICSB Presidential Awards Kategori Police Maker tingkat Regional Tahun 2019

– Piala Nata Mukhti Kementrian Koperasi dan Mark Plus Tahun 2020

– Penghargaan Government CIEL (creativity Inovation Enterpreneurship Leadeship) Award 2020

– Winner Indonesia Tourism Award (wisata berbasis kelurahan)

– Winner Indonesia Trade Award (Pasar Menuju SNI)

– Winner Indonesia Industry Award (Rumah Kemasan)

– Enterpreneurship Leadership Awards 2020 (Kategori Wisata berbasis kelurahan, pasar menuju SNI, rumah kemasan)

– Kota Padangpanjang sebagai Kota Koperasi Syari’ah Pertama di Sumbar

– Layanan Tera Timbangan dengan sistem Jemput Bola yang memudahkan para pelaku usaha (Tembang Indah Si Jempol).

BAPPEDA

– Peringkat 3 Tertinggi Indeks Inovasi Daerah Tingkat Sumbar

– Terbaik 3 Penghargaan Pembangunan Daerah 2019.

BPKD

– Apresiasi untuk ketepatan alokasi bidang ekonomi dalam penghargaan indeks Kelola 2019 dari Katadata Insight Centre Tahun 2019

– WTP Tahun 2019

– WTP Tahun 2020

BKPSDM

– Indeks Profesionslitas ASN meningkat dari 60 % menjadi 70%

– Terjalinnya MoU dengan LAN dan Universitas Indonesia untuk peningkatan profesionalitas ASN

– Inisiator dana covid dari ASN Padangpanjang untuk masyarakat, dan terkumpul 225 juta rupiah.

INPEKTORAT

– Capaian LHKPN tahun 2019 dan 2020 tercapai 100%

– Berdirinya rumah aspirasi sebagai satusatunya daerah yang memliki tempat pengaduan dan secretariat bersam komunitas anti korupsi sebagai upaya mewujudkan kota Padangpanjang kota anti korupsi

– Persentasi pengaduan masyarakat yang di tindaklanjuti mencapai 100% pada tahun 2019-2020

PENGHARGAAN DI TENGAH PANDEMI

– Government CI-EL Awards 2020

– Kategori Broze Winner Indonesia Tourism Award

– Bronze Winner Trade Award

– Bronze Winner Indonesia Industry Award

– International Council for Small Business (ICSB)

– Piala Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UKM atas keberpihakan Pemko Padangpanjang terhadap UMKM. *