24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

MTQ ke-48 Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh

LUBUKSIKAPING,KP-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2020 yang berlangsung di Islamic Center, Kamis (8/10) lalu resmi dibuka Bupati Pasaman H. Yusuf Lubisdan sekaligus pada saat itu juga dilaksanakannya peresmian Islamic Center Pasaman.

MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Pasaman mengangkat tema “Melalui MTQ Mari kita Satukan Langkah untuk Membangun Generasi Qurani Menuju Masyarakat Pasaman Yang Sejahtera Agamis dan Berbudaya” dan mengusung semboyan 4 sukses yakni, Sukses Penyelenggaraan, Sukses Partisipasi, Sukses prestasi dan Sukses Implementasi.

Panitia pelaksana MTQ tingkat Kabupaten Pasaman, Nina Darmayanti memaparkan dasar pelaksanaan MTQ ini adalah dari Surat Keputusan (SK) Bupati Pasaman nomor 188.45/51/BUP-PAS/2020 tentang penunjukan Kecamatan Lubuksikaping sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-48 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2020 dan Surat Keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/587/BUP-PAS/2020 tentang pembentukan Panitia pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2020 di kecamatan Lubuksikaping tahun 2020.

Ia menambahkan, tujuan pelaksanaan MTQ ke-48 ini adalah memasyarakatkan Quran melalui peningkatan pemahaman, pendalaman dan pengamalan isi kandungan Alquran. Mengaktualisasikan falsafah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah SWT pada masa pandemi Covid-19 ini, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah melalui jalinan baca Alqur’an pada MTQ ke- 48 tingkat Kabupaten Pasaman.

Dia merinci adapun yang dilombakan dan tempat pelaksanaannya adalah Qiraat Sab’ah dan Tilawah Dewasa di Pasaman Islamic Center, Tahfidz 1 dan 5 juz Tilawah di Masjid Al Ikhlas Panapa, Tahfidz 1 dan 5 juz non Tilawah di Masjid Raya Panapa Durian Tinggi, Tartil Menengah dan Umum di Masjid Raya Koto Randah.

Lalu, Tartil Dasar dan Tilawah kanak-kanak di Masjid Ath Tharah kodim 0305/Pasaman, Tilawah Anak-anak dan Tilawah Remaja di Masjid Raya Tanjung Beringin, Khutbah Jumat di Masjid Baiturahmah Sei Pandahan, Kitab Standar di Aula SD 05 Pauh, Musabaqah Fahmil Qur’an di MTSN 1 Pasaman, Khatil Qur’an (kaligrafi) di SMA Negeri 2 Lubuksikaping, Tafsir Bahasa Indonesia di Masjid Taqwa Jambak, Musabaqah Syarhil Qur’an di Aula kantor camat Lubuksikaping, Musabaqah Makalah Ilmu Qur’an (MMIQ) di STAI Lubuksikaping.

Sementara itu Bupati Pasaman, H.Yusuf Lubis mengatakan, MTQ ini merupakan media dakwah dan syiar keagamaan dalam meningkatkan motivasi masyarakat untuk mempelajari dan memahami nilai-nilai Alquran.

“Dalam rangkaian acara ini, kita juga mengabadikan momentum peresmian Pasaman Isamic Center yang akan menjadi icon Kabupaten Pasaman sebagai tempat membangun Ilmu Alquran dan pelatihan Ilmu Agama,” jelasnya.

Pembangunan Pasaman Islamic Center ini adalah wujud nyata dari pelaksanaan salah satu misi Pemkab Pasaman, dan ini adalah mimpi masyarakat Kabupaten Pasaman yang telah menjadi kenyataan.

Bupati Pasaman mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba kepada para kafilah se-Kabupaten Pasaman di Kecamatan Lubuksikaping. Utarakan niat yang tulus dan Ikhlas untuk mempelajari nilai-nilai Alquran dan nilai-nilai agama, tetaplah berjiwa sportif.

Diakhir acara Ketua LPTQ kabupaten Pasaman Drs H.Mara Ondak melantik Dewan Hakim MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Pasaman.(nst)