29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PEMBAGIAN BIBIT IKAN BERSAMA SUHATRI BUR, Kepala DKP dan Walinagari Bantah Terlibat

PARITMALINTANG, KP – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Padangpariaman bersama Wali Nagari (Walnag) Campago Kampung Dalam membantah keterlibatannya dalam pembagian bibit ikan bersama Calon Bupati Padangpariaman Suhatri Bur.

Sebelumnya, Kepala DKP dan Wanag Campago terindikasi terlibat masif mendukung pasangan calon (paslon) dari unsur petahana, dengan modus menyalurkan bantuan bibit ikan ke masyarakat yang diserahkan langsung oleh salah satu calon.

Indikasi keterlibatan Kepala DKP bersama Walnag Campago tersebut mendukung paslon petahana terlihat, saat kehadiran calon Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyerahkan langsung 15.000 bantuan bibit ikan ke warga di Kanagarian Campago, V Koto Kampung Dalam, Jumat siang lalu (9/10).

Dari keterangan yang diterima media inioleh salah satu pemuda setempat yang mengakui bahwa bantuan bibit ikan yang berasal dari DKP Padangpariaman diserahkan langsung Suhatri Bur kepada masyarakat. Bahkan 3 unit mobil yang mengantarkan bibit ikan tersebut ke lokasi berasal dari paslon atau tim paslon.

“Bibit ikannya sudah diterima dari Dinas Kelautan dan Perikanan. Diserahkan langsung oleh Suhatri Bur. Yang mengantar bibit itu ada 4 unit mobil, 3 mobil dari Suhatri Bur dan 1 lagi plat merah mobil pickup Hilux milik DKP, nomor polisi BA 8821 F,” sebut pemuda setempat yang tidak diketahui namanya tersebut.

Menengarai hal itu, Kepala DKP Zainil yang dihubungi media, Sabtu (10/10) menerangkan,  bantuan itu diberikan karena ajuan proposal dari pihak nagari dan pemuda di Kenagarian Campago, V Koto Kampung Dalam, berupa bibit ikan jenis nila dan ikan mas.

Namun Zainil tidak ingat persis kapan proposal itu diajukan oleh pihak nagari setempat. Kendati demikian, ia mengakui bibit tersebut telah diantarkan dengan jumlah15.000 pada Jumat pagi (9/10).

Bantuan yang berasal dari DKP itu, diakui Kadis DKP Zainil diambil langsung dari Balai Benih Ikan (BBI), di Dinas Kelautan dan Perikanan, Lubukalung.

“Soal adanya calon saat penyerahan bibit di situ, saya tidak tau. Saya tidak ada di lokasi. Namun jelasnya DKP hanya mengantarkan bibit ikan nila dan ikan mas sebanyak 15.000 ke Nagari Campago berdasarkan permintaan proposal dari pemuda dan pihak nagari,” sebutnya pada wartawan di balik ponselnya, Sabtu (10/10).

Terpisah, Wali Nagari Campago Marjon yang juga dihubungi media, Sabtu (10/10), juga berdalih tidak tau sama sekali tentang kehadiran salah satu calon bupati menyerahkan bantuan bibit ikan tersebut.

“Bantuan itu benar yang minta kelompok tani melalui nagari ke DKP. Tapi kedatangan Suhatri Bur ke lokasi menyerahkan bantuan itu, saya tidak tau. Saya tidak ada di situ,” ucapnya singkat sembari mengakhiri pembicaraan. (war)