24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengurus karang Taruna Kartacida Nagari Andaleh Resmi Dilantik

BATUSANGKAR, KP – Pengurus Karang Taruna Cinta Damai (Kartacida) Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Masa Bakti 2020-2025 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Pj Wali Nagari Andaleh Ahmad Sauri, di ruangan SD 07 Nagari setempat, Jumat (9/10). Turut menyaksikan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tanahdatar Beni Remon, anggota DPRD Tanahdatar Nova Hendria, Kadis Sosial PPPA Tanahdatar diwakili Kasi Kelembagaan Firdausiah dan Ketua BPRN, Ketua KAN, beserta tokoh masyarakat setempat.


Dalam kesempatan itu, Ahmad Sauri berharap kepada pengurus karang taruna yang baru dilantik agar dapat mengemban amanah organisasi yang baik serta eksis di tengah tengah masyarakat sebagai pelopor dan pekerja dalam pembangunan kesejahtraan sosial. “Selamat kepada pengurus yang telah dilantik. Saya percaya, saudara mampu dan cakap melaksanakan tugas pengabdian ini sebagai pengurus Karang Taruna Kartacida, Nagari Andaleh, yang penuh rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Tanahdatar, Beni Remon mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi besar diakui keberadaanya dan memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif. “Karang taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan, serta menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan maupun perekonomian,” ucap Beni Remon yang juga anggota DPRD Tanahdatar itu.

Ditekankan Beni Remon, karang taruna harus hadir di tengah permasalahan sosial masyarakat seperti persolan penanganan bencana banjir, penanganan fakir miskin, serta penyandang cacat. Apalagi situasi saat sekarang ini yakni, persoalan penaganan wabah Covid-19. “Karang taruna juga harus menjadi wadah bagi pemuda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif sehingga dapat menghasilkan inovasi bagi kemajuan pemerintahan,” tambahnya.

Dia menambahkan, pengurus karang taruna harus mulai aktif mendiskusikan program-program kepemudaan dan memasukan dalam RKP (Rencana Kerja Pembangunan) Nagari. “Setelah masuk RKP Nagari, maka harus masuk dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Nagari. Itupun tidak menyalahi aturan,” katanya.

Untuk itu katanya, karang taruna harus berkaloborasi dengan pemerintahan di tingkatan masing-masing. Sebab, pemimpin di pemerintahan setempat merupakan pembina bagi karang taruna. “Karang taruna harus turut serta, memberikan kontribusi serta penyampaian gagasan, program dan saran kepada pemerintahan nagari,” pungkasnya. 

Adapun pengurus yang dilantik dan diambil sumpahnya, yakni Alfoni Fernanda (Ketua), Novendra (Wakil Ketua), Wendy Permana (Sekretaris), Syahdilla Nurul Ikhsani (Wakil Sekretaris) dan Mursida (Bendahara), serta beberapa ketua bidang beserta anggota. (nas)