20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 100 Kg Lebih Ganja

LUBUKSIKAPING,KP-Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasamanmenggagalkan peredaran sekitar 100 paket besar narkoba jenis ganja dengan berat sekitar 103 kilogram. Dalam kasus itu seorang tersangka berhasil diamankan, yaitu MI (44 tahun), warga Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukitinggi.

Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah melalui KasatNarkobaIptu Syafri Munir menjelaskan kronologis kejadian berawal ketika jajaran Satnarkoba mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman narkotika jenis ganja kering yang akan melewati Kabupaten Pasaman.Kemudian petugas melakukan penyelidikan dan melakukan penyisiran di sepanjang jalan di Kecamatan Rao, Pasaman, Sabtu dinihari (10/10). Sekitar pukul 04.30 WIB melintas sebuah mobil yang dicurigai merek Suzuki Karimun BA 1676 CQ dan langsung dilakukan pengejaran terhadap mobil tersebut.

“Di Jalan lintas Sumatera Medan-Bukittinggi, tepatnya di Gunung Tua Jorong Selamat, Kenagarian Stombol, Kecamatan Padang Gelugur, mobil itu berhasil dihentikan. Saat dilakukan pengeledahan, petugas menemukan enam buah karung goni palstik warna putih yang berisi 100 besar paket ganja yang dibungkus lakban warna coklat. Petugas langsung mengamankan sopir mobilt tersebut berinisial MI (44 tahun). Selain itu juga diamankan barang bukti dompet berisia uang Rp250 ribu. Dari pengakuan tersangka, paket ganja tersebut dibawa dari Kabupaten Madina, Sumatra Utara dan akan diedarkan di wilayah Sumbar.

“Saat ini anggota Satnarkoba masih mendalami kepada siapa paket ganja kering tersebut akan diserahkan,” kata Iptu Syafri Munir.

Sata ini tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Pasaman guna proses hukum lebih lanjut. Tersangka dijerat pasal 114 juncto 112 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup. (nst)