27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bawaslu Tanahdatar Tertibkan Ribuan APK Paslon Kepala Daerah

BATUSANGKAR, KP – Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar serta Bupati dan Wakil Bupati TanahDatar ditertibkan.Penertiban yang dilakukan Bawaslu TanahDatar bersama Satpol PP didampingi Polisi, TNI, Dishub, Kesbang dan KPU Tanahdatar itu juga dibantu Pokja penertiban APK di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Tanahdatar, Hamdan mengatakan, penertiban APK dan BK tersebut merupakan tindak lanjut dari PKPU nomor 4 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan PKPU nonor 11 tahun 2020 tentang kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. “APK dan BK yang tidak sesuai PKPU harus ditertibkan,” ujarnya.

Dikatakan Hamdan, sebelum penertiban terhadap APK dan BK semua pasangan calon dilakukan, pihaknya telah menyurati dan memberikan peringatan tertulis kepada pasangan calon dan tim kampanye. “Secara administrasi, Bawaslu Tanahdatar telah dua kali menyurati dan memberikan peringatan tertulis kepada paslon dan tim kampanye terhadap APK dan bahan kampanye yang melanggar, serta meminta paslon dan tim kampanye untuk menurunkannya sebelum ditertibkan,” pungkasnya.

Adapun APK dan BK pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Tanah datar yang ditertibkan, yakni spanduk sebanyak 6435 buah, baliho 2946 buah, umbul-umbul 73 buah, poster 145 buah, stiker 783 buah, dan bilboard sebanyak 12 buah. (nas)