Desa Taluak Gelar Ritual Tolak Bala

PARIAMAN, KP – Masyarakat Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan, gelar silaturahmi dan doa bersama tokoh agama dan adat di Laga-laga pertemuan nelayan Dusun Taluak, Senin (12/10).

Kepala Desa Taluak, Ismet Zuhri mengatakan, pertemuan dan makan bersama tersebut merupakan rangkaian dari prosesi ritual tolak bala yang merupakan agenda rutin setiap tahun. “Doa tolak bala ini merupakan ritual agama dan prosesi adat, yang mana keduanya saling berkaitan. Salah satu agendanya adalah ketika hasil tangkapan nelayan sudah mulai menurun,” terangnya.

Di saat kondisi seperti ini lanjutnya, masyarakat Desa Taluak yang umumnya nelayan akan sepakat melaksanakan ratik tolak bala. “Gurunya pun dicari sesuai kriteria dan kepandaiannya masing-masing. Rangkaian kegiatan ini mulai dari doa bersama dan makan siang di laga-laga desa dengan mengundang seluruh masyarakat Desa Taluak,” ungkapnya.

Dijelaskannya, supaya dapat menikmati hidangan bersama dan memperkuat silaturahmi, selanjutnya pada malam hari selesai salat isya merupakan puncak acara. “Kita bersama masyarakat akan berkeliling desa dengan mengucapkan lafaz Lailahaillallah yang diikuti seluruh masyarakat yang hadir,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ritual tolak bala tersebut dilaksanakan selama tiga hari dengan harapan Desa Taluak terjauh dari segala bala/musibah baik yang berasal dari alam maupun disebabkan tangan manusia. “Selanjutnya kita juga memohon kepada Allah agar masyarakat Desa Taluak dilimpahkan dan diberkahi rezeki. Karena sudah tiga bulan ini nelayan kita tidak bisa melaut karena cuaca ekstrem,” tutupnya. (war)

Next Post

Baznas Tanahdatar Salurkan Bantuan Modal Usaha Sebesar Rp 1.495.500 Kepada Mustahiq

Sen Okt 12 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanahdatar menyalurkan zakat sebesar Rp 1.495.500.000, berupa bantuan modal usaha untuk 432 orang mustahiq (penerima zakat). Zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pjs Bupati Tanahdatar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Nursyirwan, di Gedung Pertemuan Kecamatan Lima Kaum, Senin (12/10). Staf […]