20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

HIN Terus Ekspansi di Tengah Pandemi

SAWAHLUNTO, KP – Sejalan dengan berbagai upaya pemulihan yang dilakukan secara bertahap di tengah pandemi saat ini, PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN melalui anak perusahaannya Hotel Indonesia Group (HIG), resmi mengoperasikan Hotel Inna Ombilin Heritagesebagai hasil kerjasama dengan anak perusahaan PT Bukit Asam Tbk yang berada di Sawahlunto. Peresmian itu dilakukan pada pekan lalu.

“Pengoperasian Inna Ombilin Heritage yang mulai disiapkan sejak tahun 2018 tersebut memberikan arti yang penting sejalan dengan berbagai perkembangan dan pengembangan yang dilaksanakan di kawasan Sawahlunto dewasa ini,” ujar Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN, Iswandi Said, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/10).

Ia menerangkan Hotel Inna Ombilin Heritage yang saat ini memiliki 17 kamar akan terus dikembangkan hingga menjadi 75 kamar, akan menjadi alternatif bagi wisatawan yang datang untuk menikmati berbagai daya tarik wisata atau melaksanakan kegiatan khusus di Sawahlunto.

Seperti diketahui, Sawahlunto dewasa ini berkembang menjadi salah satu daya tarik wisata sejalan dengan ditetapkannya Sawahlunto sebagai ‘Situs Warisan Dunia’ oleh Unesco pada tahun 2019, di samping berbagai daya tarik wisata lainnya seperti ‘Museum Tambang Batubara Ombilin’, ‘Museum Gudang Ransoem’ yang merupakan dapoer umum pekerja tambanghingga ‘Danau Biru’– bekas tambang batubara yang memiliki air yang biru dan pemandangan yang indah karena dikelilingi cadas dan pepohonan.

Sesuai komitmen PT Hotel Indonesia Natour untuk mengembangkan layanan bertaraf internasional yang mengedepankan kepribadian Indonesia dengan menampilkan kearifan lokal serta menjaga penerapan protokol kesehatan era new normal secara ketat, maka para tamu Inna Ombilin Heritage akan mendapatkan layanan khas yang dilandasi budaya kerja HIN, yang mengutamakan nilai-nilai compassionate, agile, reliable, elegant, dan sincere.

Iswandi Said menambahkan bahwa sebagai badan usaha milik negara, HIN memiliki tanggung jawab moral untuk turut berperan dalam mendukung pengembangan industri kepariwisataan di berbagai daerah serta kegiatan perekonomian pada umumnya, terlebih lagi pada era pemulihan pandemi saat ini.

“Kerjasama HIN dengan anak perusahaan PT Bukit Asam dalam pengembangan Inna Ombilin Heritage ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif sejalan dengan berbagai perkembangan dan pengembangan yang dilaksanakan, termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia dengan bekerja dan berkarya di Inna Ombilin Heritage, Sawahlunto,” kata Iswandi. (mas)