19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Jadikan Organisasi Sebagai Pelopor Pembangunan

PADANGPANJANG, KP – Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano meminta kehadiran Karang Taruna mampu melakukan pembinaan dan pengembangan kegiatan ekonomis dan produktif untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat di Kota Padangpanjang. 

Hal itu disampaikannya usai melantik kepengurusan Karang Taruna Kota Padangpanjang masa Bakti 2020 – 2025, bertempat di Hall Lantai 3 Balaikota, Senin (12/10).

Dikatakan Fadly Amran, karang taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan, merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kegiatan ekonomis dan produktif, dengan pendayagunaan potensi, yang tersedia. Baik sumber daya manusia, maupun sumber alam juga.

Sebagai organisasi kepemudaan, yang merupakan potensi dan sumber kesejahteraan sosial, serta komponen terdepan dalam menggerakkan pemuda, untuk bersama dengan pemerintah, mengatasi berbagai masalah kesejahteraan sosial.

“Karang Taruna agar mampu hidup dengan berkiprah dan program kerja. Jadikan organisasi sebagai pelopor pembangunan, dan kedepannya karya Karang Taruna membawa dampak positif, bagi masyarakat Kota Padangpanjang khususnya,” kata walikota.

Ia berharap, Karang Taruna langsung berbuat, karena bagaimanapun masa – masa sulit di tengah pandemi covid, dampak sosial ekonominya sudah sangat terasa sekali. Maka dari itu diminta kepada pemuda-pemudi yang produktif dan kreatif ini, dapat mencarikan solusi di kelompok-kelompok masyarakat.

“Kita berharap betul – betul ada langkah kongkrit yang bisa disusun, sehingga jalannya organisasi pun juga bermanfaat untuk masyarakat banyak,” harapnya.

Di tempat yang sama Ketua Karang Taruna Kota Padangpanjang, Muhamad Gandhi berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Karang Taruna Kota Padangpanjang ini, bisa menjadikan karang taruna semakin dapat bergerak dengan baik sesuai dengan tupoksinya, dan menjadi mitra bagi Pemko Padangpanjang agar terwujudnya generasi muda yang handal dan mampu membawa Padangpanjang kepada kejayaan yang hakiki.

“Pengurus yang baru dilantik diharapkan agar bekerja bersama membangun Karang Taruna menuju lebih baik dan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Padangpanjang,” ujarnya.

Pelantikan pengurus Karang Taruna tersebut berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan sesuai Surat Keputusan (SK) Walikota Padangpanjang nomor 171 tahun 2020. Sedangkan untuk struktur pengurus Karang Taruna di Ketuai Muhamad Gandhi, Sekretaris Imam Munandar, dan Bendahara Parmia Ningsih Siregas, dilengkapi wakil wakil ketua, wakil wakil sekretaris dan wakil wakil bendahara serta bidang bidang.

Pelantikan itu dihadiri Wakil Walikota Padangpanjang, Asrul, Ketua DPRD Kota Padangpanjang, Mardiansyah, Forkopimda se-Kota Padangpanjang, Sekretaris Daerah Kota Padangpanjang, Sonny Budaya Putra, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumbar Mahdianur,dan Kepala OPD se-Kota Padangpanjang. (rel/kom)