Bawaslu Libatkan Gerakan Pramuka Awasi Pilkada

LUBUKBASUNG, KP – Dalam upaya memastikan berjalannya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang jujur dan adil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam libatkan gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Agam dalam hal pengawasan.

Kerjasama Bawaslu Agam dan gerakan pramuka Kwarcab Agam diwujudkan dalam bentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta, sekaligus menjadi yang pertama di Sumatra Barat (Sumbar).

“Beberapa waktu lalu, Bawaslu Agam dan Kwarcab menjalin sebuah kerja sama dalam mengawasi pemilu, dengan dibentuknya Saka Adhiyasta, di Sumbar kita yang pertama,” ujar Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam, Martiaswanto Dt. Maruhun, Selasa (13/10).

Saat ini, katanya, Kabupaten Agam tengah dihadapkan dengan Pilkada serentak 2020. Pihaknya berharap Saka Adhiyasta yang sudah dikukuhkan dapat membantu Bawaslu Agam dalam mengawasi berjalannya pesta demokrasi dengan jujur dan adil.

“Anggota pramuka yang terlibat diharapkan dapat membantu, dan ini sudah berlangsung. Bawaslu Agam mengapresiasi, sebab anggota pramuka kita sudah teruji loyalitas dan integritasnya,” tutur Drs. Martiaswanto Dt. Maruhun.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan, Saka Adhiyasta Pemilu dikukuhkan pada Desember 2019. Selain dilibatkan dalam pengawasan pemilu, Saka Adhiyasta merupakan bagian dari pendidikan dan pengkaderan kepemiluan.“Satuan Karya atau Saka Adhiyasta ini diharapkan dapat melahirkan kader-kader pengawasan di masa depan,” ujar Elvys.

Dikatakan, anggota pramuka dilibatkan dalam pengawasan kepemiliuan sesuai dengan prosi dan kapasitas, seperti mengawasi keterdataan pemilih sampai kepada pendidikan demokrasi di sekitar tempat tinggal.“Apakah pengawasan telah terdaftar dalam daftar pemilih, pemungutan suara, pendidikan demokrasi keluarga, dan sebagainya,” sebutnya. (amc)

Next Post

BKKBN Apresiasi Capaian Program KB di Dharmasraya

Sel Okt 13 , 2020
PULAUPUNJUNG, KP – Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Hj. Etna Estelita, Sekretaris BKKBN Prov. Sumbar Nova Dewita, Kasubbid, Advokasi dan KIE, Indra Muri Murdani, dan beberapa pejabat BKKBN Provinsi Sumbar lainnya pada, Selasa (13/10) melakukan kunjungan kerja serta silaturahim ke Kabupaten Dharmasraya. Kedatangan […]