Satgas Covid-19 Gabungan Lakukan Razia Masker di Pariaman

PARIAMAN, KP – Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar bersama Satpol PP Pariaman dibantu aparat TNI dan Polri, lakukan razia masker di Simpang 4 Lampu Merah Kampung Cina, Senin sore (12/10).

Kadis Pol PP dan Damkar Kota Pariaman, Elvis Candra di lokasi menyampaikan, razia masker tersebut dilaksanakan merupakan hasil koordinasi pihaknya bersama Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar. “Kita melakukan penegakan Peraturan Daerah (Perda) No. 6 tahun 2020. Di mana sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi di tengah masyarakat terkait Perda ini,” sebutnya.

Lanjutnya, sesuai muatan Perda tersebut, 10 hari usai sosialisasi sifatnya dilakukan penindakan. “Jadi pada hari ini kita melakukan razia pertama terhadap para pelanggar Perda AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Yang mana kegiatan ini diikuti tim gabungan Satgas Sumbar dan Kota Pariaman mulai pukul 16.00-18.00 WIB,” paparnya.

Lebih jauh ia mengatakan, di hari yang sama pada malam harinya, tim gabungan juga melakukan penegakan Perda dengan penindakan khusus untuk pelaku usaha. “Sesuai peraturan perundang-undangan, sanksi bagi pelanggar yang tidak mengikuti aturan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker, pertama diberikan sanksi sosial yakni membersihkan sampah di sekitar lokasi razia,” terangnya.

Namun lanjutnya, apabila pelanggar tidak dapat menyanggupi sanksi sosial tersebut maka tentunya diterapkan denda administratif sebesar Rp 100.000 untuk 1 orang pelanggar dan denda tersebut disetorkan ke kas daerah. “Penindakan dan razia ini akan kita lakukan secara terus menerus dan perlu kita sampaikan juga tentang Perwako No.48 tahun 2020 yang merupakan turunan dari Perda No.6 tahun 2020. 

Sementara itu berdasarkan data 13 Oktober, Pelanggar Prokes (Protokol Kesehatan) yang tidak memakai masker sebanyak 90 orang. 62 orang dikenakan sanksi administrasi Rp 100.000 dan 15 orang dikenakan sanksi sosial. Sedangkan pelaku usaha yang melanggar prokes sebanyak 28 orang, semuanya diberikan sanksi sosial. (war)

Next Post

PMII Lakukan Aksi Damai Tolak UU Cipta Kerja

Sel Okt 13 , 2020
PARIAMAN, KP – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Padangpariaman lakukan orasi damai menolak UU Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Jl. Merdeka Pariaman, Selasa (13/10). Dalam aksinya, para mahasiswa menggelar orasi sambil membentangkan spanduk dan poster berisi aspirasi dan penolakan terhadap pengesahan omnibus law.Selain itu belasan mahasiswa juga menggemakan […]