24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

ANTISIPASI DAMPAK PSIKOSOMATIS COVID-19, Dosen Psikologi UNP Beri Konseling bagi Warga

PADANG, KP – Pemberitaan yang masif dengan semakin banyaknya jumlah pasien positif covid-19 membuat sebagian besar masyarakat ikut merasa sakit dan cemas serta mengalami perasaan dirinya sudah tertular virus corona.Kondisi tersebut bisa menyebabkan psikosomatis atau keluhan fisik yang muncul akibat masalah psikis sehingga dapat menurunkan imun atau antibodi.

Beranjak dari kondisi itu, dosen jurusan psikologi Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan pengabdian masyarakat berupa konseling online dan konsultasi psikologi bagi warga Kota Padang.

“Program ini kita laksanakan dari bulan September dan Oktober pada masyarakat terdampak covid-19 di Kota Padang,” ujar Ketua Program Pengabdian kepada masyarakat Suci Rahma Nio, kemarin.

Dia menyebutsampai saat ini sudah 24 orang yang mengikuti konseling online dan konsultasi psikologi. Pada umumnya, keluhan yang disampaikan adalah merasa cemas akan tertular covid-19, mengalami kesulitan ekonomi, dan perasaan sulit tidur. Menurutnya saat ini setiap orang membutuhkan pertolongan untuk menghadapi rasa cemas dan khawatir terhadap penularan virus.

“Mereka membutuhkan para ahli yang bisa menolong memahami kondisi psikologis mereka dan meredakan kecemasan dan ketakutan mereka,” jelasnya.

Untuk itu, para psikolog dan dosen di Jurusan Psikologi UNP membuat program pengabdian masyarakat berupa konsultasi psikologi online lewat media telepon atau whatsapp.Untuk masyarakat yang membutuhkan konsultasi langsung dapat dilayani secara personal melalui perjanjian.

“Kami berharap program ini dapat terus bermanfaat dan semakin banyak masyarakat yang mau berkonsultasi secara online,” harapnya. (ip)