24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Baznas Bukittinggi Serahkan Zakat Produktif dan Kesehatan Kepada 18 Mustahiq

BUKITTINGGI, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, kembali menyerahkan zakat produktif dan kesehatan untuk 18 orang mustahiq. Zakat itu diserahkan langsung kepada para mustahiq di kantor Baznas Bukittinggi, Rabu (14/10).

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian Baznas Bukittinggi, Masrinal menjelaskan, bantuan zakat produktif dan kesehatan diserahkan untuk 17 mustahiq, ditambah 1 mustahiq dari tenaga kebersihan yang belum menerima pada pendistribusian sebelumnya. “Beberapa zakat produktif dan kesehatan yang diserahkan, di antaranya untuk program Bukittinggi Sehat dan Bukittinggi Makmur. Seperti biaya pengobatan, pengadaan mesin jahit, palung untuk jualan gorengan dan juga pengadaan mesin cuci,” jelas Masrinal.

Sementara itu Ketua Baznas Bukittinggi, Masdiwar menjelaskan, para mustahiq penerima zakat produktif dan kesehatan itu sebelumnya telah disurvey bagi yang benar-benar berhak menerima zakat tersebut. Kali ini zakat diberikan dengan total Rp 30,4 juta untuk 18 orang mustahiq.

“Kami berharap bantuan zakat ini bermanfaat bagi para mustahiq dan dimanfaatkan semaksimalnya sesuai kebutuhan para mustahiq. Sehingga apa yang telah diberikan berguna, baik itu melunasi tagihan pelayanan kesehatan dan menunjang usaha untuk meningkatkan perekonomian serta pemenuhan kebutuhan harian,” ungkap Masdiwar diamini pengurus Baznas lainnya.

Direncanakan, dalam waktu dekat Baznas Bukittinggi juga akan menyerahkan zakat untuk bidang pendidikan. Penyerahannya dilakukan melalui pihak sekolah dari anak yang berhak menerima zakat tersebut nantinya. (eds)