24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Mukomuko Usulkan Calon Penerima Sarana Produksi Budidaya

MUKOMUKO, KP – Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan satu koperasi dan dua kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) sebagai calon penerima bantuan sarana prasarana produksi budidaya berupa benih dan pakan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Koperasi tersebut yakni Koperasi Gempi Mina Desa Sido Makmur, dua Pokdakan Mina Mandiri Desa Mekar Mulya dan Pokdakan Mina Jaya Desa Manjuto Jaya,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu (14/10).

Pemerintah setempat mengusulkan sarana prasarana produksi budidaya menindaklanjuti Peraturan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Nomor 300/PER-DJPB/2020 tentang petunjuk teknis penyaluran bantuan sarana prasarana produksi budidaya melalui anggaran belanja tambahan 2020.

Ia mengatakan, sebelumnya sebanyak lima kelembagaan yang terdiri dari tiga koperasi dan dua pokdakan yang tersebar di sejumlah wilayah ini yang mengusulkan sarana prasarana produksi budidaya.

Namun dari tiga kelembagaan yang berbadan hukum dan bergerak di sektor perikanan budidaya di daerah ini, katanya, hanya tiga kelembagaan yang mengusulkan, sedangkan dua koperasi tidak jadi mengusulkan.

Koperasi Harapan Marga Mukti tidak jadi mengusul bantuan sarana prasarana produksi budidaya karena koperasi ini tidak yakin adanya bantuan dari pemerintah. Mereka minta ada jaminan dapat bantuan.

Kemudian Koperasi Nila Kembar tidak jadi mengusulkan bantuan sarana prasarana produksi budidaya kepada KKP karena koperasi ini tidak datang pada saat mengusulkan bantuan ini.

Sedangkan Koperasi Gempi Mina Desa Sido Makmur mengusulkan sebanyak 15 paket bantuan berupa benih ikan dan pakan ikan gurami untuk kegiatan pembesaran ikan jenis ini, Pokdakan Mina Mandiri Desa Mekar Mulya mengusulkan benih dan pakan ikan lele dan Pokdakan Mina Jaya Desa Manjuto Jaya mengusulkan benih dan pakan ikan nila. (ant)