18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pelaku UMKM Pasie Nan Tigo Dilatih Digital Marketing

PADANG, KP – Produk usaha yang dimiliki oleh UMKM di Kota Padang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Namun sayangnya pemasaran produk masih cenderung bersifat konvensional dan interaktif sesama kolega/pertemanan dan tidak bersifat kontinu.Padahal di era digital 4.0 saat ini, pemasaran produk bisa semakin luas dengan memanfaatkan penggunaan internet.

Melihat kondisi itu, tim dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) yang beranggotakan Sulastri, Chichi Andriani, dan Yuki Fitria melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik ‘PKM Pengembangan Kampung Entrepreneur Berbasis Digital Marketing Sebagai Media Promosi Bagi Pelaku UMKM’ di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah.

Tim Dosen Jurusan Manajemen FE UNP Dr Sulastri mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan praktik cara penggunaan aplikasi digital marketing sebagai media promosi bagi UMKM yang ada di Kelurahan Pasie Nan Tigo.

“Pada kegiatan inikita menghadirkan dua orang narasumber yakni Okki Trinanda yang memberikan materi tentang pemanfaatan digital marketing bagi pelaku UMKM serta aplikasi canva.com sebagai media promosi. Kemudian Arief Maulana, yang memberikan praktik langsung cara pembuatan aplikasi digital marketing melalui google trend dan google business,” ujar Sulastri, kemarin.

Selain itu, tim pelaksana juga melakukan pendampingan kepada para peserta tentang aplikasi digital marketing sebagai media promosi dan memberikan pendampingan secara online melalui WhatsApp Grup (WAG). (ip)