18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Petani ‘Jerman’ Makin Membanggakan

PETANI ‘jerman’ yang sukses berusaha di Sumbar pantas bersyukur pada Allah SWT. Sebab siapa yang bersyukur pasti rezekinya selalu dimudahkan. Hidupnya tenang, sejahtera, dan semakin taat beribadah, termasuk membayar zakat secara rutin.

Petani ‘jerman’ yang dimaksud dalam tulisan ini adalah petani jeruk manis. Istilah ‘jerman’ dipopulerkan wartawan KORAN PADANG Doddy Sastra.Sebab, tempat tugasnya di kawasan Limapuluh Kota dan Payakumbuh saat ini sangat terkenal dengan jeruk manisnya.

Luar biasa popularitas ‘jerman’ di daerah yang dipimpin Irfendi Arbi ini. Sayang beliautak berambisi kembali menduduki ‘singgasana empuk’ Tuan Luak. Saat jeruk manis luar biasa nikmatnya, Pak Bupati Pendi awakpergi. Lain pula rasanya.

Bagaimanapun juga, Bupati Irfendi sudah begitu besar jasanya bersama wargamembangun Limapuluh Kota. Sebagai seorang kepala daerah, ia sudah memperlihatkan kerja nyata untuk daerah yang dipimpinnya. Buktinya Limapuluh Kota sekarang makin populer. Siapun yang jadi tungganai daerah ini nanti, pantas melanjutkan dan memaksimalkan keberhasilan yang telah diraih Bupati Irfendi.

Tentu, sangat diharapkan lahan perkebunan ‘jerman’ semakin meluas. Tak ada lagi jengkal tanah yang tak ditanami. Bupati mendatang pelu membuktikan ‘tongkat ditanam bisa tumbuh’ karena begitu suburnya ‘tanah bundo’ Limapuluh Kota ini.

Selain jeruk manis, banyak lagi kekayaan alam daerah ini. Seperti gambir, karet, peternakan sapi dan ayam, beras, dan lainnya. Bupati mendatang diharapkan mampu ‘mambangkik’ semua potensi itu sekaligus mencarikan pasarnya untuk semua produk Limapuluh Kota.

Siapapun yang ditakdirkan jadi tungganai Limapuluh Kota, semoga ‘lakek tangannya’ benar-benar dirasakan masyarakat. Tak ada lagi tambang emas yang berstatus liar. Jangan lagi segelintir warga sejahtera, yang lain menderita. Insya Allah, rakyat Limapuluh Kota akan makin sejahtera dalam arti yang sebenarnya. *