19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Resmi Dilaunching, Batik Batu Laweh Bakal Dijadikan Seragam Sekolah dan ASN

SOLOK, KP – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Solok Asben Hendri, secara resmi melaunching Batik Batu Laweh (Babaleh) di Sawah Ladang, Kelurahan Tanjung Paku, Selasa (13/10). Turut hadir dalam kesempatan itu Asisten II Setda Kota Solok Jefrizal, Kepala OPD terkait, Camat Tanjung Harapan Zulkarnaini.

Dalam sambutannya, Pjs Wako Asben Hendri menyambut baik launching Batik Batu Laweh dan menyampaikan terimakasih kepada semua elemen terkait yang telah mendukung IKM tersebut. Selanjutnya, Batik dapat diarahkan kepada seragam para ASN dan seragam sekolah. Setiap Kamis, pegawai pemerintahan di Provinsi Sumatra Barat telah diimbau memakai baju batik motif minang. “Hingga saat ini batik motif minang sudah lebih dari 200 jenis. Kita bersama harus bersatu memajukan batik minang,” ajak Asben Hendri.

Dikatakannya, apabila ada keinginan untuk berkembang, bukan tidak mungkin nantinya bisa mengalahkan batik dari Pulau Jawa yang sudah lebih dahulu dalam produksi batik.

Pada kesempatan itu, Asben Hendri juga mensosialisasikan Peraturan Daerah Provinsi Sumatra Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru sudah diterapkan. “Kita semua harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” imbaunya.

Sementara itu Ketua Kelompok Mambatik Batu Laweh, Nelbudra mengatakan, Rumah Batik Batu Laweh berdiri didasari tiga hal. Yakni rembuk warga saat goro badunsanak tahun 2018, meningkatkan SDM dan pendapatan masyarakat, serta merupakan inovasi dari Lurah Tanjung Paku. “Saat ini, Camat Tanjung Harapan dan seluruh lurah di Kecamatan Tanjung Harapan sudah memakai batik hasil produksi rumah batik batu laweh,” tutupnya. (van)