18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Terminal Jati Pariaman Ikuti Lomba Terminal Sehat

PARIAMAN, KP – Terminal Jati Tipe A Pariaman dinilai tim penilai di tingkat pusat dalam kategori lomba terminal sehat, Selasa (13/10).Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Pariaman Kementerian Perhubungan, Hary Leo Agusta menyampaikan, terminal Tipe A Jati Pariaman mengikuti lomba terminal sehat Tahun 2020 di tingkat pusat.“Insya Allah kami telah memiliki kesiapan dan kelayakan yang disyaratkan dalam lomba terminal sehat,“ ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kesiapan dan kelayakan Terminal Tipe A Jati Pariaman untuk mengikuti lomba bisa dilihat dari kondisi lingkungan terminal yang sehat dan mendukung upaya peningkatan kesehatan, lingkungan dan fasilitas. “Di samping kondisi lingkungan dan kelengkapan fasilitas, penilaian juga dilakukan pada pelaksanaan protokol kesehatan di terminal,” sebutnya.

“Saat ini Terminal Tipe A Jati Pariaman sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan area wajib menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, mengukur suhu tubuh bagi para pengunjung maupun petugas dan pembatasan jarak tempat duduk penumpang di ruang tunggu terminal,“ ulasnya.

Pihaknya berharap bisa meraih hasil maksimal dalam lomba itu, di mana ia bersama para petugas selalu berusaha sebaik mungkin mengelola terminal serta memberi kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung terminal.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Pusat, Suprayitno menjelaskan, tujuan kedatangan pihaknya yakni melakukan verifikasi terhadap kondisi sesungguhnya Terminal Jati Tipe A yang diusulkan sebagai salah satu dari sekian banyak terminal Tipe A di seluruh Indonesia, untuk lomba terminal sehat dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam protokol kesehatan, yakni setiap penumpang dipastikan menggunakan masker, sebelum menaiki bus diperiksa suhu tubuhnya dan harus ada informasi-informasi bagi penumpang yang diperlukan dalam menjaga kesehatan,“ ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, harus ada sinergi antara Provinsi Sumatra Barat dan Kota Pariaman dengan pengelola terminal. “Kami juga mendapatkan informasi bahwa sinergi tersebut sangat bagus dalam penerapan apalagi Pemerintah Daerah sudah memiliki regulasi dan mendorong agar Covid-19 segera berakhir,“ sambungnya.

Diketahui, terminal menjadi salah satu titik yang berpotensi untuk tersebarnya Covid-19. Di sana pihaknya memastikan apa yang menjadi prasyarat untuk bisa terhindar dari Covid-19 di Terminal Tipe A Jati Pariaman. “Pertama kita melakukan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementrian Perhubungan dan Kementrian Dalam Negeri, jadi kita serentak terjun ke lapangan, verifikasi lapangan setelah menilai di tingkat pusat. di samping itu erminal Tipe A Jati Pariaman ini masuk dalam 10 besar di Indonesia dan mudah-mudahan terminal ini bisa menjadi salah satu pemenang dalam lomba ini,“ tutupnya. (war/mc)